ISTIKAH, S.Sos


ISTIKAH, S.Sos – Dunia penyelenggaraan Pemilu seakan menjadi bagian tak terpisahkan bagi sosok Istikah, S.Sos. Usai menuntaskan tugas menjadi anggota Panwakab Trenggalek, wanita 45 tahun ini kini menduduki jabatan anggota KPU Kabupaten Magetan periode 2019-2024. Pengalaman panjang dunia Pemilu menjadikan sosoknya dipercaya menahkodai Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Magetan.

Perjalanan  panjang menjadi penyelenggara Pemilu diawali oleh wanita kelahiran Trenggelek ini dengan menjadi anggota PPK Kecamatan Ngariboyo tahun 2008-2009. Tak berhenti disitu, wanita tiga anak ini melanjutkan pengalaman dengan menjadi Anggota Panwascam Kecamatan Ngariboyo tahun 2012 hingga 2014 pada penyelenggaraan Pemilu DPR, DPD dan DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Tidak hanya di Magetan, pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018 alumnus Universitas Muhammadiyah Malang ini juga terpilih menjadi Anggota Panwaskab di tanah kelahirannya di Kabupaten Trenggalek periode tahun 2017-2018. Dirinya dipercaya tugas berat pada Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga. Sukses berkarir di penyelenggara badan ad hoc inilah yang akhirnya mengantarkan Istri AKP Dani Parijono, SH ini menduduki jabatan anggota KPU Kabupaten Magetan untuk lima tahun ke depan.

Karir cemerlang sosok Istikah, ini tak terpisahkan dari riwayat pendidikan yang dienyamnya. Di mulai sekolah di SDN 1 Prigi dan dilanjutkan di SMPN 1 Watulimo. Masa sekolah tingkat atas diselesaikan di SMEA Trenggalek sebelum akhirnya menuntaskan Studi di Fakultas Fisip Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Malang.

Aktivitas organisasi pernah digeluti sosok Istikah dengan aktif menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Malang. Untuk lebih dekat dengan dunia sosial kemasyarakatan, dirinya juga aktif di organisasi dan badan otonom Muhammadiyah Magetan.