324 total views, 1 views today

Magetan, kpud-magetankab.go.id – KPU Kabupaten Magetan terpaksa menunda rencana rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih Anggota DPRD hasil pemilu tahun 2019. Hal ini menyusul belum terbitnya surat resmi yang diterima KPU RI pasca pencatatan nomor Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) oleh Mahkamah Konstitusi tanggal 1 Juli lalu.

Penundaan atas perintah KPU RI sesuai surat nomor 986/Pl.01.9-Sd/03/KPU/VII/2019 tanggal 3 Juli 2019. Meski KPU Kabupaten Magetan tidak terjadi adanya gugatan Persilisihan Hasil Pemilihan Umum ( PHPU), namun penetapan tetap harus menunggu surat resmi dari MK kepada KPU RI.

“Penundaan hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Karena kepastian surat resmi dari MK juga belum ada informasi kapan akan diterima KPU RI. Namun kami berharap secepatnya,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Magetan Fahrudin, Kamis (04/07/2019).

Awalnya KPU Kabupaten Magetan akan menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih Kamis tanggal 4 Juli 2019. Hal ini sesuai dengan jadwal dan tahapan di PKPU Nomor 10 Tahun 2019, bahwa penetapan harusnya wajib digelar paling lambat tiga hari setelah MK mencantumkan PHPU dalam BRPK Senin 1 Juli 2019 lalu.

Namun meski MK telah mengumumkan daerah yang terdapat permohonan PHPU, namun belum diikuti surat resmi kepada KPU RI. Sehingga penetapan perolehan kursi dan calon terpilih seluruh Indonesia  terpaksa ditunda.

“Padahal rencana penetapan sudah kita ambil di hari terakhir jadwal tahapan yang ditentukan. Namun, kami yakin surat dari MK akan segera menerbitkan surat resmi kepada KPU RI sehingga kita bisa segera melakukan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih hasil pemilu 2019 di Kabupaten Magetan,” terang Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Magetan, Ismangil sambil menunjukkan surat resmi penundaan dari KPU RI.

PARTISIPASI PEMILIH LAMPAUI TARGET, KPU JATIM APRESIASI KINERJA KPU MAGETAN
HADAPI PENETAPAN CALEG TERPILIH KPU MAGETAN KERAHKAN KEPOLISIAN