71 total views, 1 views today

Jogjakarta- (kpud-magetankab.go.id) KPU Magetan mengikuti acara Bimtek Penyusunan Laporan Dana Hibah Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2018 di The Rich Hotel Jogja, 10-12 Oktober 2017. Bimtek diselenggarakan oleh KPU RI dengan perserta 17 KPU/KIP Provinsi, 115 KPU Kabupaten dan 39 KPU Kota seluruh Indonesia yang melaksanakan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota serentak tahun 2018. Untuk KPU Magetan yang hadir Ketua KPU Hendrad Subyakto, Luhung Sumadi Sekretaris, Tri Wahyu L Bendahara Pembantu Pengeluaran, Fajar bayu Operator SAIBA dan Eko AB. Santoso Operator SIMAK BMN.

Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Dana Hibah Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota tahun 2018 ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU RI Arif Budiman. Ketua KPU RI dalam sambutannya mengatakan, “Mekanisme dana hibah ahun 2018 berbeda dengan tahun sebelumnya baik secara perencanaan, penyusunan, penggunaan dan pelaporannya.” Jelas Arif Budiman.

Pengelolaan dana hibah selanjutnya akan dmasukkan dalam DIPA Tahun 2017 dan 2018 masing-masing KPU/KIP Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang melaksanakan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. KPU RI sebagi penanggung jawab akhir dari keseluruhan kegiatan pengelolaan dana hibah pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota tahun 2018.

“KPU RI sebagai penanggung jawab pelaporan pengelolaan dana hibah harus berbasis akrual guna memberikan informasi yang transparan,’ tambah Arif Budiman.

Hadir dalam acara bimtek ini Anggota DPR RI Komisi II sebagai narasumber dan dalam sambutannya menyampaikan, “Komisi II DPR RI telah melakukan banyak kunjungan ke daerah-daerah terkait pemantauan penyelenggaraan pilkada tahun 2018,” jelas TB Ace Hasan Syadzilly Anggota Komisi II Fraksi Golkar.

Anggota Komisi II DPR RI menambahkan, “Banyak isu krusial yang ditemui selama pilkada diantaranya pertanggungjawaban laporan dana hibah yang belum memadai atau sesuai mekanisme yang ada,” tambah TB Ace Hasan Syadzilly.

Acara bimtek terbagi menjadi 2 kelas, kelas A peserta bimtek Ketua KPU dan Sekretaris sedangkan Kelas B persertanya Bendahara Pembantu Pengeluaran (BPP), Operator SAIBA dan Oerator SIMAK BMN. Kelas B dengan pemateri dari Kanwil DJPB DIY yang menyampaikan terkait tata cara pengelolaan hibah langsung dalam bentuk uang/barang dan penyampaiam memo pencatatan hibah langsung.

Pelaksanaan bimtek Penyusunan Laporan Dana Hibah Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2018 diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada entitas akuntansi mulai proses perencanaan, penyusunan, pelaksanaan kegiatan sampai dengan pelaporannya, KPU sebagai Entitas Akuntansi berkewajiban menyampaikan laporan pengelolaan dana hibah dan kedepan diharapkan pelaporan penggunaan dana hibah semakin lebih baik sesuai mekanisme yang ada.(eabs – twl)

DESAIN SURAT SUARA PEMILU
Penerimaan Salinan Bukti Keanggotaan Partai (PAN)