141 total views, 1 views today

 

Bondowoso, Kpud-Magetankab.go.id – Kpu Kab/Kota se-Jawa Timur diminta untuk meningkatkan fungsi rumah pintar pemilu (RPP) serta media center KPU. Hal ini untuk meningkatkan fungsi sosialisasi dan pendidikan pemilih bagi masyarakat.
“Keberadaan RPP harus dimaksimalkan meski tidak dalam tahapan pemilu/pemilihan. RPP harus dioptimalkan dalam memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilih yang menjadi bagian dari fungsi KPU, ” jelas Khoirul Anam dalam sambutan pembukaan bimbingan teknis peningkatan partisipasi masyarakat bersama KPU Kab/Kota se-Jatim di kafe rame-rame Kabupaten Bondowoso, Kamis (31/10/2019).
Lebih lanjut Anam menjelaskan, Keberadaan RPP sudah ada di seluruh KPU Kab/Kota dan sejauh ini efektif sebagai salah satu media sosialisasi dan pendidikan pemilu bagi masyarakat. “tinggal kreativitas teman-teman KPU Kab/Kota untuk mengemasnya agar tetap menarik untuk dikunjungi. Termasuk materi-materinya yang terus diupdate,” terang Anam.
Sejauh ini materi sosialisasi RPP cukup banyak. Mulai dari sejarah pemilu, tata cara pemilihan, buku-buku demokrasi serta materi teknis kepemiluan. “tinggal dikemas yang lebih menarik dari semua kalangan,”lanjut Anam.
Selain RPP keberadaan media center juga, Anam meminta agar lebih ditingkatkan. Media center dapat memfasilitasi akses informasi bagi wartawan termasuk masyarakat umum. Sehingga akses informasi dapat diterima masyarakat umum. “harapanya sosialisasi dilakukan dengan banyak media dan hasilnya pemilih terdidik dan partisipasi masyarakat meningkat,”tutur Anam.
Keberadaan media center dan RPP yang diakses semua kalangan mulai pemilih pemula, komunitas, masyarakat umum, akademisi, stakeholder, termasuk partai politik dan lain sebagainya. Media center dan RPP diatarannya RPP Jalak Lawu KPU Magetan yang menjadi media sosialisasi dan pendidikan pemilu bagi masyarakat luas.

LAWAN HOAX, YUK KENALI CIRI-CIRI BERITA HOAX
KPU JATIM: RANCANG SOSIALISASI YANG INOVATIF