142 total views, 1 views today

Sidoarjo, kpud-magetankab.go.id-  Demi meningkatkan pelayanan informasi kepada publik, KPU Magetan mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) kehumasan. Acara digelar oleh KPU Jawa Timur dan diikuti Anggota dan Kasubag divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kab/Kota se Jatim.

Bimtek lebih fokus pada kemampuan kehumasan meliputi publik speaking, jurnalistik media online dan teknik fotografi. Acara yg digelar di Hotel Fave Sidoarjo mulai tanggal 27 hingga 28 Agustus 2019 ini dengan melibatkan narasumber profesional termasuk wartawan dan fotografer.
“Sebagai lembaga publik, KPU harus mampu memberikan hak informasi kepada masyarakat. Termasuk sebagian bagian dari tugas kehumasan, harus mampu membangun citra baik lembaga KPU di mata publik,”jelas Ketua KPU Jatim Choirul Anam dalam sambutan pembukaan, selasa(27/08/2019).

Lebih lanjut Anam menjelaskan, saat ini KPU merupakan lembaga dengan tingkat kepercayaan publik nomor tiga di Indonesia. Dan prestasi ini dinilai tidak lepas dari peran kehumasan.

“Saat ini berita hoaks melalui medsos yang menyerang citra KPU selalu masive khususnya saat penyelenggaraan pemilu dan pilkada. Dan disini peran kehumasan KPU dibutuhkan untuk memberikan informasi yang benar. Hoaks juga bisa dijawab dengan meme,”terang Anam.

Sementara Anggota KPU Jatim divisi Sosdiklih Parmas, Gogot Cahyo Baskoro menegaskan dengan bimtek kehumasan ini peran arus informasi KPU Kab/Kota lebih inovatif. Inovasi diantaranya kemampuan dan metode sosialisasi, termasuk pengolahan media web resmi KPU di masing-masing Kab/Kota.
“Kemampuan sosialisasi dan pelayanan informasi harus lebih kreatif. Salah satu informasi melalui web diantaranya teknik penulisannya lebih baik dan menarik,” terang Gogot.

BIMTEK KEHUMASAN, MENDALAMI PENULISAN BERITA SESUAI KAIDAH JURNALISTIK
MUTAKHIRKAN DATA PEMILIH, KPU MAGETAN TERJUN KE 235 DESA