167 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Manado, kpud-magetankab.go.id – Sukses Pemilu serentak 2019, membuat KPU RI menjadi pusat perhatian Negara-Negara di seluruh dunia. Bahkan sejumlah Negara besar tak segan akan melakukan riset dan studi banding ke KPU RI untuk menjadi rujukan penyelenggaraan pemilu di Negara mereka.

Situasi ini diungkapkan ketua KPU RI Arief Budiman saat membuka rapat regional evaluasi partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 di Kota Manado. Kini KPU RI terus diminta menjadi pembicara dalam forum Internasional di berbagai Negara untuk mempresentasikan sukses penyelenggaraan pemilu 2019 sebagai salah satu pemilu terumit di dunia.

“Baru-baru ini saya diminta untuk menjadi pembicara di forum penyelenggara pemilu Internasional di India, Moskow dan banyak Negara lainnya. Mereka sangat mengapresiasi pemilu di Indonesia yang sangat rumit, pemilu Presiden dan Wakil Presiden bersamaan dengan pemilu DPR, DPD dan DPRD sukses digelar  hanya dalam satu hari,” ungkap Arief Budiman.

Lebih lanjut, Arief Budiman menjelaskan, sesuai rencana Penyelenggara Pemilu Negara India akan melakukan riset dan studi banding ke KPU RI. Hal ini karena pemilu di Negara India sebagai salah satu pemilu terbesar kedua membutuhkan waktu berhari hari dalam pemungutan suara.

“Banyak riset dan studi banding ini diharapkan menjadi inspirasi dan dapat disempurnakan Negara-Negara lain. Dan kita semua sebagai penyelenggara pemilu patut berbangga menjadi bagian dari sejarah ini,” terang Arief Budiman memberikan apresiasi kepada ratusan anggota KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota peserta rapat konsolidasi regional partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019.

Tak lupa Arief Budiman juga menyampaikan terima kasih kapada semua pihak atas sukses pemilu 2019, terutama Pemerintah, DPR RI, TNI/POLRI hingga pemilu berjalan dengan damai dan aman. Sukses ini menjadi modal pemilu berikutnya termasuk penyelenggaraan pilkada serentak 2020.

Sementara itu, rapat konsolidasi regional di Kota Manado digelar guna mengevaluasi tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019. Rapat diikuti oleh anggota KPU Provinsi dan Kab/Kota di 10 Provinsi.  KPU Kabupaten Magetan diwakili  Nur Salam Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM serta Kasubag Teknis dan Hupmas Andik Indarto.

DOA JAJARAN KPU UNTUK BJ HABIBIE SEBAGAI PAHLAWAN DEMOKRASI
SUKSES PEMILU 2019, DPR DAN BAWASLU RI APRESIASI KINERJA KPU