90 total views, 2 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Manado, kpud-magetankab.go.id – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyampaikan apresiasi yang tinggi atas suksesnya penyelenggaraan pemilu 2019. Bahkan DPR RI tak segan menilai penyelenggara pemilu sebagai salah satu pahlawan demokrasi atas penyelenggaraan pemilu serentak yang sangat rumit dan menyita energi yang luar biasa.

Apreasiasi ini disampaikan oleh ketua komisi II DPR RI, Zaenudin Amalia dalam forum diskusi konsolidasi regional evaluasi partisipasi masyarakat yang digelar KPU dengan melibatkan Anggota KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota di 10 Provinsi di Kota Manado Sulawesi Utara, Kamis (12/09/2019). Selain kinerja yang baik, sukses pemilu dinilai kuatnya regulasi mulai undang-undang pemilu hingga Peraturan KPU yang sangat baik.

“Awalnya regulasi pemilu dari Undang-Undang Nomor 7 tahun 2018 hingga PKPU banyak mendapat kritikan dari banyak kalangan. Namun akhirnya dapat dibuktikan dengan suksesnya Pemilu 2019 dimana serentak antara pemilihan Presiden dan DPR. Atas nama DPR RI kita berikan apresiaisi yang tinggi kepada jajaran KPU atas kerja kerasnya dan layak menyandang salah satu pahlawan demokrasi di Indonesia,” papar Zaenudin Amali.

Hal senada juga diungkapkan Anggota Bawaslu, Mochamad Afifudin. Pihaknya memberikan apresiasi atas suksesnya pemilu 2019 yang dapat dilihat dari tingginya tingkat partisipasi masyarakat yang mencapai 82%. Sukses pemilu juga dapat dilihat dari dua faktor yakni sukses pelaksanaan dan sukses pengadministrasian yang dinilai sudah sangat baik.

“Sukses pemilu 2019 juga terbangun dari pola komunikasi yang baik antara jajaran Bawaslu dan KPU dari pusat hingga daerah. Apresiasi yang tinggi atas kinerja KPU yang luar biasa,” ungkap Afifudin.

Hal yang sama diungkapkan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) DR. Harjono yang menilai sukses pemilu 2019 harus dapat menjadi faktor interalistik yang menyatukan berbagai kepentingan dan perbedaan seluruh bagian masyarakat Indonesia. Tingginya partisipasi masyarakat bukti kepercayaan masyarakat atas kinerja KPU menggelar pemilu.

“Regulasi pemilu yang jlimet, sosialisasi langsung dengan mendatangi masyarakat serta kontestan pemilu yang baik tiga kunci dimana pemilu kita sukses dilakukan. Kita berikan apresiasi kepada KPU atas suksesnya Pemilu yang berat ini,” papar DR. Harjono

Kedepan semua pihak berharap kinerja KPU ditingkatkan utamanya pada penyelenggaraan pilkada serentak pada tahun 2020. Sukses pemilu 2019, pilkada serentak selama tiga kali tahun 2015, 2016 dan 2018 menjadi modal berharga untuk menggelar pemilihan kedepan.

SUKSES PEMILU 2019, KPU RI JADI RUJUKAN DUNIA INTERNASIONAL
PEMILU 2019, TUAI APRESIASI DUNIA INTERNASIONAL