608 total views, 1 views today

Magetan – KPU Magetan menyelenggarakan sosialisasi pendidikan pemilih di Karas. Salah satu sekolah yang berkesempatan menjadi peserta sosialisasi adalah SMAN 1 Karas. Sosialisasi pendidikan pemilih kepada pemilih pemula siswa-siswi SMAN 1 Karas diadakan pada hari ini Jum’at (15/03/2019).

“Pelaksanaan Pemilu serentak 17 April 2019 pada hari Rabu, di Magetan ada lima Dapil dengan rincian, Magetan satu terdiri dari tiga Kecamatan yaitu Magetan, Ngariboyo, Parang. Magetan dua terdiri dari empat Kecamatan yaitu Panekan, Sidorejo, Plaosan, Poncol. Magetan tiga terdiri dari empat Kecamatan yaitu Barat, Karangrejo, Kartoharjo, Karas. Magetan empat terdiri dari tiga Kecamatan yaitu Sukomoro, Maospati, Bendo. Magetan lima terdiri dari empat Kecamatan yaitu Lembeyan, Takeran, Kawedanan, Nguntoronadi,” papar Luhung Sumadi, Sekretaris KPU Magetan dalam sosialisasi pendidikan pemilih.

Nur Salam selaku Anggota KPU Magetan divisi Perencanaan Program dan Data memberikan masukan terhadap pemilihan OSIS SMAN 1 Karas yang nantinya bisa menjadi objek percontohan pemilihan OSIS demokrasi. “Kami berharap SMAN 1 Karas menjadi bagian dari sekolah demokrasi yang paling baik, yang menjadi contoh di Kabupaten Magetan. Dengan pemilihan OSIS seperti pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, nantinya bisa menjadi objek percontohan. Ditetapkan saja tanggalnya, seperti pemilu, biar ada persiapan, supaya program dari calon OSIS jelas beserta visi dan misinya” ungkapnya

Terkait Pemilu pastikan sudah terdaftar di TPS. “Pastikan sudah terdaftar di TPS terdekat,” imbuh Nur salam

Salah satu siswi SMAN 1 Karas memberikan kesan pesannya terhadap sosialisasi pendidikan pemilih yang diadakan di SMAN 1 Karas. “Bisa mengetahui banyak hal tentang Pemilu, sosialisasinya menarik apalagi ada doorprizenya, materi yang disajikan mudah dipahami. Bisa mengetahui jenis surat suara beserta warnanya, jumlah caleg dan partai yang ikut dalam Pemilu 2019,” kata Nur Billa salah satu siswi SMAN 1 Karas.

Sampling Data Pencermatan Bersama Daftar Pemilih Tetap
Perlunya Pendampingan untuk Pemilih Disabilitas saat Pencoblosan