658 total views, 2 views today

Magetan – Pemilih pemula perlu pendampingan untuk menyalurkan hak suaranya. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya menggunakan hak suara dalam Pemilu. Dengan ini, KPU Magetan mengadakan sosialisasi pendidikan pemilih pemula yang diadakan di sekolah – sekolah sekitar Magetan. Hari ini Selasa  (12/03/2019) KPU Magetan mengadakan sosialisasi untuk siswa – siswi SMAN 1 Parang yang bertempat di Aula SMAN 1 Parang.

Dalam sosialisasi ini, Agus Dwi Hanggono selaku anggota KPU divisi Hukum menjelaskan tentang jenis-jenis surat suara pada Pemilu 2019. Ada lima jenis surat suara yaitu DPRD Kab/Kota kertas suara berwarna hijau, DPRD Provinsi kertas suara berwarna biru, DPR RI kertas suara berwarna kuning, DPD RI kertas suara berwarna merah, Presiden dan Wakil Presiden kertas suara berwarna abu-abu.

Edi Wiyono anggota KPU divisi teknis penyelenggaraan menjelaskan tentang surat suara sah dan tidak sah. “Prinsipnya dicoblos salah satu peserta Pemilu supaya suara itu dinyatakan sah, jangan mencoblos lebih dari satu calon karena itu dinyatakan tidak sah.” Ujarnya.

Ratusan murid yang hadir sangat antusias dengan adanya sosialisasi pendidikan pemilih pemula ini. “Adanya sosialisasi ini kita tahu bagaimana mencoblos, surat suara sah dan tidak sah, apa itu DPT dan bisa mengetahui bagaimana cara memastikan apakah sudah terdaftar apa belum,” kata Lutvi salah satu siswi SMAN 1 Parang.

KPU Magetan Selesai Sortir Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden
Ketentuan Surat Suara SAH dan Tidak SAH