476 total views, 1 views today

Magetan – Ribuan Santri Pondok Pesantren Al-Fatah temboro urus pindah pilih. Karena yang melayani sebagian pria maka ada satir sebagai pembatas.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan dan PPK se Kecamatan Karas memfasilitasi santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro untuk pindah memilih atau mengurus A.5-KPU pada Pemilu 2019.

Sekitar 10.000 santri yang berpotensi DPTb dengan rincian 3.000 untuk santri putri dan 7.000 untuk santri putra. Layanan pindah pilih ini untuk memfasilitasi santri agar dapat menyalurkan hak pilihnya diluar daerah asalnya dengan mendapatkan formulir A.5-KPU.

Pelayanan pindah pilih ini dimulai tanggal 9 sampai 11 Februari 2019 untuk santri putri. Total 1611 santri putri sudah mengurus pindah pilih. Sebagian yang masih belum mengurus formulir A.5-KPU, akan ada layanan tahap dua. Sedangkan untuk hari Rabu (13/02/2019) dijadwalkan layanan pindah pilih diadakan untuk santri putra.

Agar santri bisa mendapatkan formulir A.5-KPU, mereka harus cek KTP-el / KK. Ada petugas untuk membuka cadar untuk pencocokan wajah karena dalam pengurusan pindah pilih ini tidak bisa diwakilkan.

Selanjutnya diarahkan ke meja scanner untuk scan ktp sebagai arsip. Kemudian santri ke meja operator untuk membuat formulir A.5-KPU dan apabila data santri telah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) maka santri bisa mengajukan formulir A.5-KPU, namun jika data santri tidak terdaftar maka santri harus mendaftarkan diri ke PPS daerah asal supaya bisa mengurus A.5-KPU dan bisa memilih di Temboro.

Pemutakhiran Data Pemilih Penyusunan DPTb dan DPK Pemilu 2019
Sebab Pindah Memilih