91 total views, 2 views today

KALIMANTAN  (kpud-magetankab.go.id) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magetan Senin (20/11/2017) Mengikuti  Bimtek  yang  membahas mengenai penataan dapil dan alokasi kursi pemilu 2019 bertempat di Balikpapan Kalimantan.

Supriatna  Wakil Kepala Biro Teknis dan Hupmas KPU RI menyampaikan dalam materi nya mengenai Dapil untuk DPR dan DPRD Provinsi yang  penataannya sudah diatur dalam UU. No.7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum ,dijelaskan Beliau  mengenai 7 Prinsip yang harus ada didalam penataan Dapil dan Alokasi kursi tahun 2019. Adapun 7 Prinsip tersebut antara lain: kesetaraan Suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, Proporsional, integralitas wilayah, coterminus, kohesivitas dan kesinambungan.

“Kesetaraan suara yang dimaksud adalah prinsip yang mengupayakan harga dari dapil dengan dapil yang lain. kemudian poin kedua merupakan prinsip mengenai jumlah kursi besar dalam pembentukan dapil. Selanjutnya, poin ketiga yakni proporsional yaitu prinsip yang memperhatikan keseimbangan. Sedangkan integralitas wilayah merupakan prinsip yang memperhatikan keutuhan wilayah, dengan memperhatikan kondisi geografis dan sarana pemilihan. Lalu, pada poin kelima ada coterminus yakni dapil yang dibentuk harus dalam cakupan besar (Dapil DPRD Provinsi). Kemudian untuk prinsip ke enam yaitu kohesivitas. Kohesivitas adalah prinsip yang memperhatikan aspek sejarah, adat istiadat dan kelompok minoritas. Lalu untuk prinsip yang terakhir adalah kesinambungan, maksudnya penataan dapil yang berkaca pada pemilu sebelumnya”. Tutur Drs. Supriatna M.Si .(Sgt).

PENYELENGGARA PEMILU HARUS BIJAK GUNAKAN MEDIA SOSIAL
RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PENERIMAAN DOKUMEN DUKUNGAN PASANGAN CALON PERSEORANGAN