117 total views, 1 views today

PILKADA, PEMILIH WAJID E-KTP

MAGETAN – Aturan baru dalam Pilkada Serentak Bupati Dan Wakil Bupati Serta Gubernur Dan Wakil Gubernur Tahun 2018 mendatanfg, mewajibkan pemilih memiliki E-KTP. Kondisi ini mendorong KPU Magetan gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat kususnya kalangan pelajar di Magetan.

“ Ada perbedaan signifikan pada persyaratan calon pemilih untuk pilkada serentak tahun 2018 mendatang, dimana seluruh pemilih dapat menggunakan hak pilihnya bila memiliki E-KTP. Ini sesuai yang disyaratkan dalam Undang Undang Pilkada” tegas Dra. Hj. Nanik Karsini, M.Si, Plt. Kasubag Teknis KPU Magetan saat memberikan arahan sebagai Pembina upaca di SMAN 1 Plaosan.

Dihadapan ratusan siswa termasuk guru dan staf administrasi SMAN 1 Plaosan, Nanik memaparkan syarat pemilih dalam PIlkada serentak bulan Juni 2018 mendatang telah diatur dalam Undang undang No 10 Tahun 2016. Selain syarat usia 17 tahun, calon pemilih harus memiliki E-KTP. Bagi calon pemilih yang belum memiliki E-KTP dapat menggunakan Surat Keterangan ( suket) yang diterbitkan oleh Dispendukcapil.

“ Sehingga kami berharap kepada seluruh siswa yang sudah berusia 17 tahun, untuk segera mengurus E-KTP. Agar nanti dapat menggunakan hak pilihnya. Apalagi pada Pilkada Bupati dan wakil Bupati Magetan digelar bersamaan dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur,” Saran wanita yang lama bertugas di KPU RI ini.

Penegasan ini bukan tanpa alasan, karena terbukti para siswa sebagai pemilih pemula  di SMAN 1 Plaosan ini mayoritas belum mengantongi E-KTP termasuk Surat keterangan dari Dispendukcapil. Sehingga masih ada waktu yang cukup panjang bagi para siswa ini untuk segera mengurus E-KTP agar dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak mendatang. 

Lebih jauh Nanik menjelaskan, seluruh warga yang telah memenuhi syarat memilih akan dimasukan ke dalam data pemilih yang akan dilakukan pemutakhiran pemilih oleh petugas PPDP. “ Bagi siswa termasuk masyarakat  yang ingin mengetahui tata cara tentang demokrasi, pengetahuan pemilu dapat mengunjungi Rumah Pintar Pemilu Jalak Lawu, di kantor KPU Magetan jalan karya dharma 70”tambah ibu dua anak ini.

Sosiaisasi dikalangan pelajar gencar digelar KPU magetan selama dua bulan terakhir. Sosialiasi menyasar seluruh pelajar tingkat SMA sederajat sejumlah 61 Sekolah se Kabupaten Magetan. Sosialisasi menyongsong PIlkada serentak 2018 mendatang agar lebih berkualitas. ( Nik/Sal) 

Sosialisasi Pilkada Magetan di MA Maarif Hidayatul Mubtadiin
Pentingnya Peran Pemilih Pemula dalam Pemilu