43 total views, 3 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Meski pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magetan masih tahun 2024  mendatang, namun Yayasan Surya Nuswantara Magetan sudah jauh hari mempersiapkan diri. Mereka berencana akan mengajukan calon dari jalur perseorangan.

Hal ini terungkap saat dua perwakilan pengurus Yayasan Surya Nuswantara berkunjung ke kantor KPU Kabupaten Magetan, Senin (12/08/2019). Mereka menanyakan berbagai persyaratan terkait pencalonan Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan, dan tidak mau terulang seperti pilkada 2018 yang gagal maju karena jumlah dukungan yang kurang.

“Apakah aturan berkaitan pengajuan calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan sudah ada atau ada perubahan. Dan berapa jumlah dukungan yang harus dipenuhi,”tanya Suhartono kepada sejumlah anggota KPU Magetan.

Perwakilan pengurus Yayasan Surya Nuswantara Suhartono dan Johanes mengaku kaget saat dijelaskan bila pilkada di Magetan akan digelar tahun 2024 seperti yang tertuang dalam UU nomor 10 Tahun 2016. Mereka mengira Pilkada digelar tahun 2023 sesuai dengan akhir masa jabatan Bupati.

“Wah tambah lama berarti. Tapi tidak apa-apa kita bisa persiapan lebih baik lagi. Di pilkada kemarin kami gagal mengajukan calon, untuk pengalaman dan belajar,”tambah Suhartono.

Kedua perwakilan pengurus Yayasan Surya Nuswantara diberikan penjelasan oleh Anggota KPU Magetan Nur salam dan Istikah. Keduanya diminta mempelajari UU Nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati.

“Bila tidak ada perubahan aturan, kemungkinan besar secara umum mulai syarat dukungan, sebaran dan administrasi yang dibutuhkan hampir sama dengan Pilkada 2018. Hanya saja sesuai undang-undang pilkada untuk Magetan akan serentak nasional pada November 2024,” jelas Nur Salam.

Sesuai dengan aturan, jumlah dukungan bagi Kabupaten/Kota dengan jumlah penduduk 500 ribu hingga 1 juta, jumlah dukungan sejumlah 7,5 persen dari jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap pemilihan sebelumnya. Jumlah dukungan harus tersebar lebih dari 50 persen dari jumlah 18 Kecamatan di Magetan.

FOTO : IRAMAKAN LANGKAH KAKI, AJARKAN KEKOMPAKAN
FOTO : SERUKAN SEMANGAT KEMERDEKAAN DALAM KINERJA