114 total views, 3 views today

MAGETAN (kpud-magetankab.go.id). KPU Kabupaten Magetan melakukan persiapan Revaluasi BMN di Kantor KPU Kabupaten Magetan, Jumat (04/08). Revaluasi BMN ini merujuk Peraturan Menteri Keuangan Nomor 181/PMK.06/2016 tentang Penatausahaan Barang Milik Negara. Revaluasi BMN secara mendasar meliputi 4 (empat) sasaran yaitu tanah, bangunan, jalan, jembatan dan bangunan air. Merujuk PMK ini KPU Kabupaten Magetan akan melakukan persiapan revaluasi BMN hanya pada bangunan saja karena perolehannya melalui APBN.

Peraturan penatausahaan BMN dimaksudkan untuk mewujudkan tertib administrasi dan mendukung tertib pengelolaan BMN dimana ruang lingkup penatausahaan BMN meliputi kegiatan pembukuan, inventarisasi, dan pelaporan BMN dengan sasaran semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta semua barang yang berasal dari perolehan lainnya yang sah.

 

Sekretaris KPU Kabupaten Magetan mengatakan, “Bangunan gedung kantor dan bangunan berupa gudang perolehan anggarannya dari APBN tahun 2006,” jelas Luhung Sumadi. Tujuan Revaluasi BMN ini untuk mewujudkan tertib administrasi dalam pengelolaan BMN agar data penilaian yang disajikan dalam bentuk Laporan Keuangan Pemerintah Pusat menjadi lebih tertib dan cepat kemudian menghasilkan nilai wajar BMN, bukan nilai perolehan atau nilai masa lalu.

 

“Untuk tanah kita masih berstatus pinjam pakai karena tanah yang selama ini kita gunakan milik Pemda Kabupaten Magetan, dan setiap 2 tahun sekali diadakan perjanjian pinjam pakai tanah dengan Pemda Kabupaten Magetan,” jelas Sekretaris KPU Kabupaten Magetan.

 

Sekretaris KPU Kabupaten Magetan menambahkan bahwa, “Tanah yang berstatus pinjam pakai ini nantinya tidak masuk dalam kategori revaluasi BMN,” tambah Luhung Sumadi.

 

“Bangunan kantor ini dipergunakan untuk kegiatan operasional perkantoran dan gudang yang ada selama ini untuk menyimpan kotak dan bilik suara pemilu, secara fisik bangunan dan gudang dalam kondisi baik,” tambah Sekretaris KPU Kab. Magetan Luhung Sumadi.

 

Persiapan Revaluasi BMN sedang mempersiapkan formulir yang harus diisi oleh penyedia data yaitu satker. KPKNL Madiun sudah mengirimkan formulir pendataan objek penilaian kembali oleh satker guna pelaksanaan revaluasi BMN di tahun 2017/2018.(eabs)

KPU KABUPATEN MAGETAN MENYABET JUARA 3
JELANG PILKADA, KPU MAGETAN DORONG WARGA URUS KTP ELEKTRONIK