168 total views, 1 views today

Magetan – Dalam rangka persiapan pembentukan KPPS, maka KPU Kabupaten Magetan mengadakan Sosialisasi Pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara pada Selasa (26/2). Kegiatan sosialisasi ini dilakukan serentak selama dua hari di Dapil masing-masing. Sedangkan sosialisasi yang dilaksanakan di Aula KPU Magetan, dihadiri oleh Ketua PPS dari Kecamatan Magetan, Kecamatan Ngariboyo, Kecamatan Parang dan Kecamatan Sukomoro.

Dalam pembentukan KPPS, calon anggota KPPS harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dan mengikuti prosedur pembentukan KPPS yang ada. PPS harus memperhatikan jadwal dan masa kerja KPPS sesuai timeline yang telah ditentukan.

“Periode kepengurusan KPPS harus diperhatikan, syarat dan persyaratan harus dipenuhi,” ujar Agus Dwi Hanggono selaku Anggota KPU Magetan divisi Hukum

“Hal tersebut disampaikan guna mendapatkan KPPS yang berkualitas yang paham akan prosedur dan peraturan Pemilihan Umum,” tambahnya

Agus Dwi Hanggono juga berpesan pada PPS untuk memilih KPPS yang berkualitas dan mampu. “Pilihlah KPPS yang berkualitas karena suksesnya Pemilu berada di tangan KPPS,” pesannya.

Sosialisasi pembentukan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) juga membahas tentang pemungutan dan penghitungan suara. Mulai dari tata cara, prosedur dan lainnya yang berhubungan dengan pemungutan dan penghitungan suara.

Edi Wiyono selaku Anggota KPU Magetan divisi Teknis Penyelenggaraan menyampaikan materi tentang persiapan pemungutan dan penghitungan suara, salah satunya tentang Panca Sukses Tungsura dan Rekap. Panca sukses yang pertama yaitu sukses pemungutan dan penghitungan suara (P2S) Hari H. Kedua, sukses administrasi sertifikat C1. Ketiga, sukses rekapitulasi di PPK, KPU Kab/Kota dan Provinsi. Keempat, sukses situng. Panca sukses terakhir yaitu sukses di rekap nasional.

Selain hal diatas, mengenai pemungutan dan penghitungan suara, KPPS harus paham mengenai pemungutan dan penghitungan suara karena yang menjadi pelaksana adalah KPPS. “Yang menjadi pelaksana adalah KPPS, memastikan KPPS paham mengenai pemungutan dan penghitungan suara,” kata Edi Wiyono selaku Anggota KPU Magetan divisi Teknis Penyelenggaraan.

Logistik Menjadi Perhatian Khusus KPU
Sosialisasi Tata Cara Pengisian Formulir C1 Pemilihan Umum Tahun 2019