153 total views, 1 views today

Pentingnya Peran Pemilih Pemula dalam Pemilu

MAGETAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan mengadakan sosialisasi ke SMK Magetan 1, Senin (17/04). Sosialisasi di Aula SMK Magetan 1 sebagai pemateri Marsono, S.Pd.I Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Magetan. Sosialisasi ke berbagai sekolah menjadi agenda rutin KPU Kabupaten Magetan dalam menghadapi Pemilukada Magetan tahun 2018 mendatang.

Di awal sambutannya Marsono mengatakan, “Dengan sosialisasi ini pemilih pemula diharapkan memahami pentingnya demokrasi dan kepemiluan, dikarenakan pada pemilukada tahun 2018 mendatang jumlah pemilih pemula sangat besar”.

Pemilih pemula adalah pemilih yang baru pertama kali akan menggunakan hak pilihnya. Pemilih pemula terdiri dari masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk memilih. “Syarat pemilih bisa menggunakan hak pilih adalah mempunyai KTP-Elektronik”, terang Marsono Divisi SDM dan Parmas.

 

Sosialisasi kali ini di diiikuti oleh seluruh siswa-siswi SMK Magetan 1 kelas 11 sampai 12 yang dilaksanakan di Aula sekolah SMK Magetan 1. Dalam sesi tanya jawab Ketua OSIS SMK Magetan 1 menanyakan, “Bagaimana kalau saya tidak memiliki KTP Elektronik apa bisa menggunakan hak pilihnya dalam pemilukada mendatang?”, tanya Eva.

“Bagi pemilih yang belum mempunyai KTP Elektronik dapat mengurus KTP Elektronik di Disdukcapil setempat,” terang Marsono. “Dan jika karena sesuatu hal, masyarakat belum mendapatkan  KTP Elektronik, solusinya menggunakan Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan pihak Disdukcapil”, tambah Marsono.

 

Sosialisasi semacam ini diharapkan bisa meningkatkan tingkat partisapasi pemilih khususnya pemilih pemula di kalangan pelajar. Pengenalan proses pemilu sangat penting untuk dilakukan kepada pemilih pemula terutama mereka yang baru berusia 17 tahun. KPU Kabupaten Magetan dibantu dengan pihak terkait lainnya harus mampu memberikan kesan awal yang baik tentang pentingnya suara mereka dalam pemilu. Pemahaman yang baik itu diharapkan dapat menjadi motivasi untuk terus menjadi pemilih yang cerdas.(mrs)

PILKADA, PEMILIH WAJID E-KTP
FGD BEDAH PKPU KAMPANYE