328 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Pendidikan politik bagi pemilih pemula sangatlah penting. Melalui pemilihan ketua OSIS, KPU turut berpartisipasi membangun kesadaran pemilih pemula akan pentingnya suatu pendidikan politik.

Pendidikan politik ini, juga diterapkan di MAN 2 Magetan. Menciptakan pemilihan ketua OSIS (Pilketos) MAN 2 Magetan menjadi bagian dari miniatur pemilu.

“Pilketos di MAN 2 Magetan ini harus kita ciptakan menjadi bagian dari miniatur pemilu, ini bagian dari pembelajaran kita bersama karena kedepan tidak menutup kemungkinan semuanya jadi penyelenggara pemilu, bahkan kedepan tidak hanya menjadi pemilih atau penyelenggara tapi juga menjadi calon pimpinan daerah,” ujar Nur Salam Anggota KPU divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat & SDM kepada ratusan siswa MAN 2 Magetan, Rabu (04/09/2019)

“Kami dari KPU Magetan siap dan sangat terbuka untuk melakukan pendampingan kepada adek adek MAN 2 Magetan ini, dalam rangka melakukan pendidikan politik bagi semua,” ungkap Nanik Yasiroh Anggota KPU divisi Program dan Data.

Lebih lanjut Nanik menjelaskan mengapa pendidikan politik itu penting. Karena 20 tahun lagi siswa-siswi ini yang menjadi pucuk-pucuk pimpinan di desa, kecamatan, kabupaten maupun di Negara kita. Dan hal inilah yang akan menghantarkan kita untuk maju dan berani untuk dicalonkan dan mencalonkan diri untuk mengemban tugas mulia.

Pilketos di MAN 2 Magetan dinilai sudah baik, sudah seperti pemilu. Harapan kedepan untuk pemilihan selanjutnya akan ada komunikasi yang lebih intens dengan KPU.

“Nanti dari keenam calon yang terpilih, kedepannya harus mempunyai salah satu program OSIS yakni untuk belajar pemillihan ke KPU. Jadi untuk kedepannya harus ada pembentukan Komisi Pemilihan OSIS (KPO) dan Pengawas pemilihan, ” tambah Salam

“Kami akan mendorong kalian semua untuk  bisa melakukan penyelenggaraan  pemilihan OSIS sama persis seperti pemilu, harapannya tahapan-tahapan yang dilakukan sama seperti pemilu. Seperti pencalonan, verifikasi data. Kami berharap kita kedepannya terus melakukan komunikasi dan terus maju untuk bisa menjadi percontohan pemilihan ketua OSIS se Kabupaten Magetan,” pungkas Nanik

KPU MAGETAN AJUKAN TIGA KATEGORI PENGHARGAAN PENYELENGGARAAN PEMILU 2019
SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1441 H