563 total views, 1 views today

Magetan – KPU Kabupaten Magetan Menetapkan Daftar Pemilih DPTb dalam Rapat Koordinasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan pada Rabu (20/03/2019) bertempat di Gedung Aula Kabupaten Magetan. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten Magetan, Seluruh Panitia Penyelenggara Pemilu dan Perwakilan Partai Politik serta Dinas Instansi terkait diantaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan.

Penetapan DPTb merupakan salah satu tahapan yang sangat panting dikarenakan banyaknya pemilih yang mengurus pindah pindah pilih baik di tempat asal maupun di tempat tujuan. Maka dari itu perlu perhatian khusus dalam pelayanan DPTb di Kabupaten Magetan.

Nur Salam selaku anggota KPU Kabupaten Magetan Divisi Perencanaan Program dan Data menyatakan bahwa tahapan pengurusan pindah pilih telah serentak ditutup pada tanggal 17 April 2019.

“Pelayanan pindah pilih secara serentak telah dihentikan pada H-30 Pemilu yaitu pada tanggal 17 April 2019 pada pukul 16.00 WIB” ujarnya.

“KPU hanya memfasilitasi dan yang mengurus tetap yang bersangkutan, yang menjadi perhatian khusus bagi pengurusan pindah pilih adalah pondok pesantren dan juga lapas serta rumah sakit. Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro KPU langsung mendirikan posko guna melayani pemilih yang akan pindah pilih. Selain di lingkungan Pondok pesantren KPU juga mendirikan posko di PPS Temboro yang dapat melayani para pemilih yang akan pindah pilih” tambahnya.

Jadi penetapan DPTb pada Rabu kemarin merupakan tahapan paling akhir dari pengurusan DPTb, tidak akan dilayani bagi pemilih yang akan mengurus pindah pilih karena sudah melewati batas akhir yang telah ditentukan.

Rakor Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2019
Pertanggungjawaban Penggunaan Anggaran Tahapan Pemilu 2019 untuk Badan Penyelenggara Pemilu Adhoc