264 total views, 1 views today

Magetan – Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilu 2019 di Kabupaten Magetan telah ditetapkan dalam Rapat Pleno Terbuka yang diselenggarakan oleh KPU Magetan. Rapat ini diadakan pada Senin (18/02/2019) di aula KPU Magetan.

“Proses pindah pilih dari kota asal ke TPS tujuan karena beberapa alasan, salah satunya karena tugas belajar.” ujar Poppy MS Putranto, Ketua KPU Magetan dalam pembukaan rapat pleno tersebut. DPTb ini merupakan rangkaian dari proses pindah pilih yang diajukan bagi pemilih untuk menyalurkan haknya karena terhalang oleh beberapa alasan yaitu menjalankan tugas pemerintah, menjadi tahanan di rutan, tugas belajar, dll

Rapat pleno ini merupakan rangkaian dalam rekapitulasi DPTb yang sebelumnya sudah dilakukan pleno terbuka ditingkat PPS dan PPK. Tentunya KPU Magetan juga telah mendata pelayanan DPTb di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro yang berlangsung sekitar satu minggu. Banyaknya santri yang bermukim di Temboro membuat jumlah pemilih yang pindah pilih ke Magetan meningkat sehingga perlu diadakannya pendataan secara khusus. Nur Salam Anggota KPU Magetan divisi program data menjelaskan “Rapat ini merupakan rangkaian dari tahapan urus pindah pilih, kami sudah melakukan pendataan para santri di Temboro.”

“Rapat pleno dilakukan bagi wilayah yang terdapat jumlah DPTb, bagi PPS yang jumlah DPTb nol cukup rapat internal membuat berita acara untuk disampaikan di Pleno Kecamatan.” imbuh Nur Salam

Dalam rapat pleno terbuka yang dihadiri oleh Bawaslu, Partai Politik , dan PPK se Kabupaten Magetan ini, menetapkan jumlah pemilih masuk DPTb 3.622 dengan rincian 1.675 pemilih laki-laki dan 1.947 pemilih perempuan. Sedangkan total jumlah pemilih keluar 324 dengan rincian 172 pemilih laki-laki dan 152 pemilih perempuan. Penambahan TPS terjadi di Kecamatan Karas sebanyak 15 TPS dan Kecamatan Magetan 1 TPS.

KPU Magetan Mensosialisasikan Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019
Pemilu 2019 Kurang 59 Hari, KPU Gelar Rapat Pimpinan Selama Dua Hari