77 total views, 1 views today

Reporter : May

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Demi penyempurnaan data pemilih yang akurat, KPU Kabupaten Magetan menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) setempat. Upaya ini dengan berbagi data yang bersumber dari data pemilih pemilu 2019 dengan data kependudukan di Magetan.

Upaya kerjasama ini dilakukan dengan Rapat Koordinasi antara pihak KPU Magetan dengan Dispendukcapil, Rabu (17/07/2019). Rapat dilakukan antara Ketua dan Anggota KPU Magetan dengan Kepala dan sejumlah staf Dispendukcapil. Pembahasan fokus pada kerjasama untuk mendapatkan data identitas pemilih yang lengkap sesuai administrasi kependudukan untuk kepentingan penyusunan data pemilih.

“Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil siap membantu KPU Kabupaten Magetan dalam menyelaraskan data yang diperlukan, akan tetapi memang ada batasan tertentu dimana tidak bisa semua akses data dibuka penuh,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Hermawan kepada Anggota KPU Magetan.

Pihaknya menjelaskan, proses perekaman E-KTP masih terus dilakukan khususnya bagi warga Magetan yang sudah berusia 17 tahun. Sehingga akan didapatkan data yang akurat dimana juga dapat difungsikan dalam proses pemilu.

Sementara Anggota KPU Magetan Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Nanik Yasiroh menegaskan upaya koordinasi dengan pihak Dispendukcapil bagian dari program pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Selain update data kependudukan, juga untuk melengkapi data pemilih khusus pada pemilu 2019.

“Ada beberapa data pemilih pada pemilu 2019 yang lalu yang kita konsultasikan, diantaranya melengkapi variable NIK dan NKK pemilih. Hal ini agar diperoleh data yang akurat sebelum kita input pada aplikasi Sidalih,”beber Nanik.

EVALUASI KAMPANYE, KPU MAGETAN REKOMENDASIKAN PERBAIKAN
KPU SEGERA EVALUASI 7 BULAN MASA KAMPANYE PEMILU 2019