182 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Penghapusan sebanyak 7.244 unit kotak suara eks pemilu 2004 telah berhasil dituntas oleh KPU Magetan. Hasil lelang kotak suara berbahan alumunium melalui kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang Madiun telah diserahkan ke kas negara bulan Maret 2019 lalu.

Dengan tuntasnya proses pemusnahan, KPU Magetan kini mulai menghapus daftar aset kotak suara di dalam neraca barang milik negara. Proses penghapusan dilakukan dengan menghapus di dalam aplikasi sitem informasi dan akuntansi barang milik negara (simak BMN).

“Proses Penghapusan Barang Milik Negara berupa Kotak Suara Pemilu 2004 tersebut seperti dalam lampiran Surat Keputusan Sekretaris Jenderal KPU RI tentang Penghapusan Barang Milik Negara Pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota dan selanjutnya dituangkan dalam Berita Acara Penghapusan BMN,” ujar Ervan Rifai, Kasubbag Program & Data KPU Kabupaten Magetan Selasa (20/08/2019).

Dengan telah dihapusnya dari neraca, nilai aset kotak suara sudah tidak ada lagi dan telah diserahkan ke kas negara. Proses panjang ini sesuai dengan Surat Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia nomor :894/RT.01.3-SD/04/SJ/VIII/2019 yang menginstruksikan untuk melaksanakan Pemusnahan dan Penghapusan Barang Milik Negara berupa Eks Logistik Pemilu.

“Penghapusan hanya pada kotak suara berbahan alumunium, sementara untuk bilik suara masih kita manfaatkan untuk keperluan pilkada ataupun pemilu,”terang pria asal nguntoronadi.

Tak hanya di KPU Magetan, pemusnahan dan penghapusan juga dilaksanakan di seluruh Satker Komisi Pemilihan Umum  Kabupaten/Kota di seluruh  Indonesia. Kotak suara berbahan alumunium terpaksa dihapus karena pada pemilu 2019 lalu telah menggunakan kotak kardus transparan sesuai dengan petunjuk Undang-Undang dan peraturan KPU.

Adapun Kotak Suara Tahun 2004 yang dihapus/dilelang sejumlah 7.244 unit yang merupakan Kotak Suara berbahan alumunium yang nantinya sudah tidak akan dipergunakan lagi dalam Tahapan Pemilihan Umum mendatang dan  selanjutnya akan menggunakan kotak suara berbahan kardus sebagaimana pelaksanaan Pemilu 2019 kemarin.

JELANG PILKETOS, KPO SMKN 1 MAGETAN MINTA PENDAMPINGAN KPU
KPU MAGETAN SEGERA CORET PEMILIH TIDAK MEMENUHI SYARAT