666 total views, 2 views today

Sidoarjo – Pemilu 2019 kurang 59 hari lagi, tentunya KPU sebagai penyelenggara Pemilu harus semakin matang dalam persiapannya. Hal ini disadari sepenuhnya oleh KPU Jatim dengan menggelar Rapat Pimpinan selama 2 (dua) hari, tanggal 16-17 Februari 2019 di Sidoarjo.

“Di waktu yang tinggal hitungan hari ini, sudah pasti semua mata tertuju kepada lembaga kita, banyak kritik ataupun masukan dari masyarakat, jika itu memang demi suksesnya Pemilu 2019 kita harus menanggapi secara positif,” demikian dipaparkan Eko Sasmito, Ketua KPU Jatim dalam pembukaan acara tersebut.

Selain itu, menurut Choirul Anam, Komisioner Provinsi Jatim Divisi Data dan Informasi, Jawa Timur saat ini juga menjadi sorotan karena DPT yang cukup besar. “DPT Jatim itu 30 juta lebih, karena jumlah itu Jawa Timur menjadi salah satu Provinsi yang paling banyak di atensi dalam proses Pemilu tahun ini,” demikian tegasnya. Apalagi, tambahnya, proses data pemilih yang sampai sekarang belum final, menurutnya butuh energi lebih untuk menyelesaikannya. “DPTB yang saat ini on process akan memungkinkan KPU Kab/kota bertambah TPS nya, namun bagaimana nanti implementasinya saya harapkan kab/kota menyesuaikan dengan kondisi daerah masing masing,” imbuh bapak 3 anak ini.

Selain hal di atas, yang perlu menjadi perhatian bagi KPU di 2 bulan terkahir menuju 17 April adalah tahapan kampanye rapat umum. ” 24 Maret hingga 13 April adalah 21 hari masa kampanye, artinya di kurun waktu tersebut akan ada pembagian zona kampanye, pembagian itu nanti akan dilaksanakan oleh KPU RI dan provinsi hingga kab/kota tinggal menyesuaikan dan jangan improvisasi,” tegas Gogot Cahyo Baskoro, Komisioner Provinsi Jatim Divisi Parmas. Ditambahkannya, untuk semua kegiatan fasilitasi kampanye Partai Politik adalah sepenuhnya dilakukan oleh KPU RI sedangkan DPD menjadi tanggung jawab KPU Provinsi. “Jadi perlu dicatat, KPU kab/kota tidak ada fasilitasi untuk kampanye” imbuh pria asal Magetan ini.

Pada kegiatan yang dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris KPU Kab/kota se Jatim tersebut juga disampaikan oleh Eko Sasmito, bahwa saat ini BPK telah melakukan pemeriksaan di lingkungan Satker KPU se Jatim. “Dari beberapa review untuk Jawa Timur saya kira sudah tidak ada masalah, beberapa rekomendasi dari pilkada 2015, 2017 dan 2019 sudah terselesaikan,” paparnya.

Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di Kabupaten Magetan
Pemutakhiran Data Pemilih Penyusunan DPTb dan DPK Pemilu 2019