66 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Choirul Anam mengingatkan pentingnya melawan berita hoax pada pemilu 2019. Bahkan berita hoax masih masif terjadi pasca putusan Mahkamah Konstitusi.

Hal ini dipaparkan pada Rapat Koordinasi Divisi Partisipasi Masyarakat Se-Jawa Timur di rumah makan  Harmada Magetan (05/07/2019). Dihadapan anggota KPU Kab/Kota se Jatim, Anam menegaskan media sosial menjadi instrumen masif dalam penyebaran hoax pada periode Pemilihan Umum Tahun 2019.

“Banyak sekali hoax yang menyerang dan berusaha menjatuhkan KPU seperti hoax adanya suara siluman,” Ungkap Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam.

Salah satu upaya yang dilakukan KPU Jawa Timur dalam melawan hoax tersebut ialah dengan membentuk tim pembuat meme yang terdiri dari 6 orang ahli design di KPU. Tim tersebut bertugas membuat meme yang berguna untuk melawan hoax terkait Pemilu 2019. Ia menyebutkan bahwa tidak seluruh penjelasan yang diberikan oleh anggota KPU dapat memberikan gambaran lugas terkait hoax yang beredar. Oleh sebab itu dibuat upaya untuk menanggulangi penyebaran hoax melalui meme yang saat ini lebih mudah dipahami oleh umum.

“Karena penjelasan yang diberikan itu bisa jadi malah kontra produktif” tambahnya dalam pembukaan Rakor Divisi Parmas Se-Jatim.

HINDARI SANKSI BATAL DILANTIK, 45 CALEG SERAHKAN LHKPN
38 KPU SE-JATIM GELAR EVALUASI DI MAGETAN