113 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Ratusan warga dari berbagai kalangan menggelar malam tirakatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI, di Pendopo Surya Graha Pemkab Magetan, Jum’at (16/08/2019).

Acara sakral ini dihadiri kalangan Forkopimda, TNI, Polri, Ulama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Parpol, Ormas dan berbagai organisasi Kepemudaan. Acara juga dihadiri Anggota KPU Magetan Nur Salam bersama Kasubag Perencanan Data dan Informasi Ervan Rifai.

Acara diisi dengan tahlil dan doa bersama dipimpin Ketua MUI Magetan KH. Ahmad Sofwan.

Tahlil dan doa bersama guna mendoakan para pahlwan yang gugur dalam meraih kemerdekaan. Selain itu, doa dengan harapan anugrah kemerdekaan dapat diisi demi kesejahteraan bersama bagi rakyat Indonesia.

Dalam sambutannya, Bupati Magetan lebih banyak mengingatkan akan perjalanan meraih kemerdekaan dengan puncaknya sejarah proklamasi yang dibacakan Soekarno.
Dalam perjalanan mempertahankan kemerdekaan, Suprawoto mengungkap pentingnya posisi Magetan dalam perjalanan sejarah mempertahankan kemerdekaan. Peristiwa ini terjadi dalam sejarah pemberontakan PKI tahun 1948 oleh muso di wilayah Karisidenan Madiun dimana banyak warga Magetan yang gugur.

“Hingga saat itu Presiden Soekarno menegaskan pilih muso atau Soekarno. Hingga akhirnya warga Magetan memilih Soekarno sebagai representasi pemerintah yang sah. Dan akhirnya PKI mampu ditumpas oleh pasukan siliwangi,” cerita Bupati Suprawoto

Bupati Suprawoto juga menegaskan, fakta sejarah perjalanan meraih dan mempertahankan kemerdekaan ini harus diingat oleh generasi penerus. Dan terutama bagaimana mengisi kemerdekaan dengan membangun negara demi kesejahteraan yang merata seluruh rakyat Indonesia.

“Sesuai pidato Presiden Jokowi pembangunan harus merata. Tidak hanya di Jawa tapi juga  seluruh wilayah Indonesia. Semoga pada HUT 74 Kemerdekaan RI ini, Indonesia semakin jaya,” seru Bupati mengakhiri sambutannya.

SDM UNGGUL INDONESIA MAJU, UPACARA HUT 74 KEMERDEKAAN RI KPU MAGETAN
FOTO : FINAL TENIS MEJA BEREGU