694 total views, 1 views today

Magetan – Penyortiran pelipatan dan pengesetan surat suara Kabupaten Magetan dimulai pada hari ini Selasa (05/03/2019). KPU Magetan mengerahkan warga sekitar, berjumlah 131 orang untuk proses pelipatan surat suara ini. Sejak pagi petugas sortir sudah memenuhi gudang logistik KPU Magetan yang berada di Desa Baron, Magetan.

Ada peraturan ketat untuk memasuki gudang logistik ini, yaitu dilarang membawa hp, dilarang membawa makanan, dilarang merokok, dilarang membawa anak kecil. Untuk memasuki gudang ini, petugas sortir mendapatakan id card sebagai tanda pengenal mereka.

Untuk mengetahui kualitas barang logistik berupa surat suara yang diterima dalam kondisi baik dan jumlah yang tepat, surat suara segera dilakukan pemeriksaan dan penyortiran setelah diterima. Pemeriksaan dan penyortiran dilakukan untuk memisahkan surat suara dengan kualitas baik dan yang rusak.

“Kriteria surat suara yang tidak layak, rusak/cacat adalah bila hasil cetak surat suara kotor atau tidak merata, permukaan hasil cetak surat suara kabur, surat suara kusut/mengkerut, surat suara sobek, dibagian tengah dan/atau bagian pinggir,” terang Poppy MS Putranto, Ketua KPU Magetan

Kemudian beliau berpesan “Hati-hati dalam melipat surat suara, jangan sampai ada yang rusak,” ujar Ketua KPU Magetan ini

Salah seorang petugas sortir yaitu Parmi mengatakan bahwa “kami harus mensortir surat suara dengan benar untuk menghindari surat suara rusak”.

131 petugas sortir telah menerima jatahnya masing-masing dalam melipat. “Pokoknya sudah dibagi jatahnya 8 kardus yang terdiri dari 4000 surat suara per orangnya,” kata Sugeng Mardianto, Kepala Gudang KPU Magetan

Hari ini surat suara yang dilipat hanya satu jenis surat suara yaitu surat suara DPRD Provinsi Dapil Jawa Timur 9. “Untuk satu jenis surat suara ini (DPRD Provinsi Dapil Jawa Timur 9), saya maksimalkan tiga hari selesai, kalau 2 hari selesai lebih bagus. Kita perkirakan 15 hari selesai untuk semua jenis surat suara, maksimal 20 hari selesai.” imbuh kepala Gudang KPU Magetan ini.

Ketentuan Surat Suara SAH dan Tidak SAH
Konser Musik Pemilih Berdaulat Negara Kuat