154 total views, 2 views today

JALAK LAWU HIASI LAUNCHING RPP KPU MAGETAN

MAGETAN. Jum’at (31/03) Ketua KPU Provinsi Jawa Timur (Eko Sasmito)  bersama Sekretaris (M. E.Kawima) hadir dalam Launching Rumah Pintar Pemilu  KPU Kabupaten Magetan. Rangkain launching Rumah Pintar Pemilu “JALAK LAWU”) KPU Kabupaten Magetan diawali dengan sambutan dari Ketua KPU Kabupaten Magetan, dilanjutkan sambutan  Bupati Magetan yang diwakili Asisten Bupati dan Ketua KPU Provinsi Jawa Timur sekaligus meresmikan  penggunaan Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Magetan.

Pada sambutannya Hendrad Subyakto selaku Ketua KPU Kabupaten Magetan menyampaikan ucapan terima kasih pada semua undangan yang telah hadir pada acara launching hari ini. Dengan diresmikannya RPP “JALAK LAWU” ini, seluruh stakeholder dapat memanfaatkan untuk menimba ilmu terkait dengan kepemiluan melalui wahana yang di sajikan. Beberapa wahana yang tersaji diantaranya potret kepemiluan dari masa ke masa, data – data kepemiluan, simulasi TPS dan ruang diskusi . Program ini merupakan program nasional  yang  harapannya ketika ada siswa, mahasiswa atau  masyarakat mau  belajar tentang pemilu akan lebih mudah menangkap melalui sarana yang disajikan . Dan  perlu diketahui selama ini KPU Kabupaten Magetan sering memfasilitasi SMA/SMK di Magetan untuk memberikan bimbingan kepemiluan yang kita kemas dalam program KPU Goes to School dan untuk kedepan kami tetap akan melanjutkan program ini sebagai sarana pendidikan pemilih pada masyarakat Magetan. “Kami harapkan kepada seluruh stakeholder yang ada untuk dapat memanfaatkan  RPP “ JALAK LAWU”  bisa dijadikan pusat informasi dan diskusi kepemiluan di magetan,kami buka pintu ruang seluas luasnya untuk kegiatan tersebut.” pungkasnya.Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada KPU Provinsi karena berkenan hadir dan memberi energi positif bagi KPU Magetan serta kepada semua pihak yang sudah turut memback up dalam proses pembuatan RPP ,Kerja kerja Tim ini sangat membanggakan bagi kita sehingga proses awal hingga akhir berjalan dengan baik,Jelas Luhung Sumadi Sekretaris KPU Kabupaten Magetan.

Bambang Triyanto Bambang selaku Asisten Bupati Magetan pada sambutannya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran KPU Kabupaten Magetan, atas ketidakhadirannya Bupati Magetan hari ini karena ada agenda yang bersamaan. Bambang menuturkan “atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan mengucapkan selamat dan terima kasih bahwa pada hari telah dilaunching RPP “JALAK LAWU “  KPU Kabupaten Magetan. Kami harapkan Rumah Pintar Pemilu “JALAK LAWU” bisa dijadikan rujukan masyarakat Magetan dalam memperoleh data informasi kepemiluan.

 Sementara itu Ketua KPU Provinsi Jawa Timur (Eko Sasmito) menggaris bawahi apa yang telah disampaikan Ketua KPU Kabupaten Magetan, bahwasannya program Rumah Pintar Pemilu ini merupakan program nasional yang dibiayai oleh anggaran APBN dengan tujuan memberikan edukasi pada masyarakat  untuk mengenal atau mengetahui lebih jauh mengenai pemilu. Seperti dinyatakan dalam Undang-undang nomor 2 Tahun 2011tentang Partai Politik  kewajiban Partai Politik untuk memberikan pendidikan politik pada masyarkat sedangkan kewajiban kawan-kawan KPU memberikan pendidikan pemilih pada masyarakat, salah satu wujud nyata program kerja pendidikan pemilih  adalah dengan pendirian Rumah Pintar Pemilu yang menu terbesarnya menyajikan proses penyelenggaraan pemilu dari awal sampai akhir tahapan. Biasanya Rumah Pintar Pemilu dikaitkan dengan PPID yang  disana akan banyak informasi , data-data dan dokumentasi  ditemui dan merupakan kebutuhan kita bersama terutama kawan-kawan partai politik, pemantau serta masyarakat.

Eko Sasmito menegaskan bahwa “kedepan  kita mempunyai dua agenda besar di tahun 2017 yaitu Tahapan Pilihan Gubernur dan Tahapan Pemilu Legislatif, harapannya kita selaku penyelenggara pemilu untuk selalu melakukan pendidikan pemilih pada masyarakat” salah satunya dengan memanfaat secara maksimal penggunaan Rumah Pintar Pemilu, pungkas beliau.

Bedah Data Pemilih,KPU Magetan Lakukan FGD
NETRALITAS TNI