88 total views, 1 views today

MAGETAN (kpud-magetankab.go.id) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan melakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/ Janji bagi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu Serentak 2019, Kamis (08/03/2018) bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Magetan.

Ketua KPU Magetan Hendrad Subyakto mengatakan, Kegiatan Pemilu 2019 yaitu Pemilu Legeslatif dan Pemilu Presiden mengacu pada ketentuan Undang-undang 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang mengatur bahwa jumlah anggota PPK sebanyak 3 orang.

Tiga anggota PPK tersebut berasal dari lima Anggota PPK Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati / Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 yang ditetapkan menjadi Anggota PPK Pemilu 2019 dengan mekanisme Evaluasi.

“Mekanisme evaluasi ini diatur dalam Keputusan KPU RI Nomor : 31/PP.05-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang Petunjuk Teknis Pembentukan PPK, PPS, dan KPPS dalam Penyelenggaraan Pemilihan,” terang Hendrad.

Ditambahkan Hendrad, tahapan evaluasi PPK dilakukan secara bertingkat, evaluasi di tingkat PPK dan KPU Magetan.

Evaluasi di tingkat PPK dilakukan dengan cara masing-masing anggota PPK saling melakukan evaluasi, dan melibatkan sekretaris PPK. Selanjutnya hasil evaluasi diserahkan ke KPU Magetan.

Sedangkan evaluasi di tingkat KPU Magetan dilakukan terhadap seluruh anggota PPK yang dilakukan oleh Anggota KPU Magetan. Dari dua tahapan evaluasi tersebut hasilnya direkapitulasi untuk menetapkan tiga anggota PPK Pemilu Serentak 2019.

Samsi Wakil Bupati Magetan dalam sambutannya mengharapkan pelaksanaan Pemilihan Umum di Kabupaten Magetan berjalan dengan guyup rukun,damai ,Kepada seluruh PPK dan PPS yang diberikan amanat Undang undang untuk menjadi penyelenggara agar berprinsip pada integritas serta independensi.(sgt)

PPK PLENO TERBUKA DAFTAR PEMILIH HASIL PERBAIKAN
TAHAPAN PEMILU 2019 MEMASUKI TAHAPAN SELEKSI BADAN ADHOCK