89 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – KPU Kabupaten Magetan akan segera menggelar evaluasi bersama pelaksanaan kampanye pada pemilu 2019. Evaluasi guna memetakan persoalan selama tujuh bulan pelaksanaan kampanye untuk dilakukan perbaikan dan rekomendasi pada pemilu mendatang.

Sesuai rencana evaluasi digelar Kamis (18/07) dengan melibatkan seluruh parpol peserta pemilu, bawaslu, satpol pp, dan kepolisian serta mantan PPK. Persiapan dilakukan KPU Magetan dengan menggodok materi dan evaluasi awal penyelenggaran kampanye, Rabu (17/07/2019).

“Evaluasi lebih pada fasilitasi kampanye oleh KPU Magetan dengan peserta pemilu baik Pilpres atau legislatif. Tentunya ada beberapa hal yang harus menjadi catatan selama pelaksanaan pemilu berlangsung. Apalagi masa kampanye yang sampai 7 bulan,”ungkap Anggota KPU Magetan Nur Salam dalam paparan rapat persiapan.

Evaluasi fasilitasi kampanye 2019 ini ditegaskan KPU RI bagian dari tahapan yang harus dilakukan pasca pemilu 2019 usai. Hal ini dengan terbitnya surat KPU RI Nomor 1000/PI.01.6-sd/06/KPU/VII/2019 yang memaparkan poin evaluasi dan rekomendasi yang akan perlu diajukan ke KPU provinsi dan KPU RI. Evaluasi dengan mengacu pada aturan dalam Undang-Undang Pemilu nomor 7 tahun 2017 juga PKPU nomor 23 tahun 2018.

Sejumlah tahapan penting yang dievaluasi diantaranya pemasangan alat peraga di tempat umum, penyebaran bahan kampanye kepada umum, penyebaran melalui media cetak dan media elektronik, penyiaran melalui radio dan televisi, pertemuan terbatas, rapat umum, dan yang terakhir tatap muka dan dialog.

“Kami berharap adanya evaluasi dan masukan Bawaslu, parpol peserta pemilu dan Pemangku kepentingan di daerah. Sehingga kedepan akan ada perbaikan pada berbagai pelaksanaan kampanye dengan berbagai metode yang dilakukan,”jelas Salam.

PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN, KPU MAGETAN GANDENG DISDUKCAPIL
CALEG TERPILIH MAGETAN DIDOMINASI NOMOR URUT ATAS