131 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Manado, kpud-magetankab.go.id – Meski tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 melampaui target yang ditetapkan, KPU RI masih melakukan koreksi dan evaluasi menyeluruh. Rapat evaluasi dengan menggelar konsolidasi di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara mulai tanggal 12 hingga 14 September 2019.

Rapat konsolidasi partisipasi masyarakat pemilu 2019 pada gelombang kedua ini melibatkan anggota KPU Provinsi dan KPU Kab/ Kota di 10 provinsi diantaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi, hingga Papua. Pembukaan juga dihadiri, Bawaslu RI, Ketua DKPP serta Komisi II DPR RI serta Pimpinan Pemprov Sulawesi Utara.

“Rapat konsolidasi ini diharapkan dapat menghasilkan catatan-catatan penting untuk perbaikan pemilu berikutnya. Meskipun partisipasi masyarakat pada pemilu 2019 melebihi target namun harus tetap dilakukan evaluasi menyeluruh. Dan partisipasi masyarakat ini hanya salah satu bagian dari tahapan pemilu yang harus dievaluasi,” papar Ketua KPU RI dalam sambutan pembukaan.

Pada Pemilu 2019, baik pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilu DPR, DPD dan DPRD tingkat partisipasi masyarakat mampu mencapai angka 82%. Jumlah ini jauh melebihi target yang ditetapkan secara nasional sebesar 77,5%.

Namun demikian rapat evaluasi tetap dilakukan khususnya disetiap Provinsi serta KPU Kab/Kota. Rapat akan membahas banyak hal diantaranya gencarnya berita hoaks yang harus menjadi perhatian dan evaluasi dalam mempengaruhi partisipasi masyarakat. Selain itu, etika penyelenggara pemilu dalam peningkatan partisipasi masyarakat, strategi sosialisasi termasuk pengelolaan akses informasi terhadap melalui media web KPU yang perlu dioptimalkan.

“Evaluasi ini juga diharapkan adanya perbaikan dalam pilkada serentak 2020 yang harapkan tingkat partisipasi masyarakat yang terus ditingkatkan,” tambah Arief Budiman.

Dalam rapat konsolidasi regional ini juga diikuti oleh KPU Kabupaten Magetan yang diwakili  Nur Salam Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM serta Kasubag Teknis dan Hupmas Andik Indarto.

PEMILU 2019, TUAI APRESIASI DUNIA INTERNASIONAL
SUSUN RKBMN, KPU MAGETAN HADIRI RAPAT KERJA TEKNIS DAN PENYUSUNAN