161 total views, 1 views today

Jakarta, kpud-magetankab.go.id – KPU RI mengapresiasi divisi Teknis Penyelenggaraan terhadap pelaksanaan pemilu 2019 yang dilaksanakan oleh KPU Kab/Kota.

Hal ini disampaikan dalam pembukaan acara Konsolnas Evaluasi Pemilu 2019 divisi Teknis Penyelenggaraan di Hotel Shangri-la Jakarta. Kegiatan Konsolnas ini diselenggarakan tanggal 21-24 September yang diikuti oleh KPU Provinsi dan Kab/Kota se Indonesia.

Teknis penyelenggaraan pemilu 2019 dengan segala dinamisasinya baik pada tahapan penetapan Dapil dan alokasi kursi, pencalonan, kampanye, logistik, pungut hitung, dan rekapitulasi dinilai sukses karena tahapannya tepat waktu sesuai dengan tahapan, program dan jadwal yang telah ditetapkan. Kesuksesan penyelenggaraan ini juga bisa dilihat dari rendahnya gugatan bahkan tidak adanya gugatan ke Mahkamah Konstitusi, ini membuktikan bahwa peserta pemilunya sudah cukup puas dengan penyelenggaraan pemilu di KPU Kabupaten Magetan.

“Fakta evaluasi pemilu 2019 yang didalamnya berisi tahapan-tahapan pemilu merupakan ruang belajar langsung, mendengarkan langsung, pengalaman langsung dari penyelenggaraan pemilu 2019. Pemilu sangat penting sebagai bekal untuk praktek penyelenggaraan berikutnya,” ujar Evi Novida Ginting dari KPU RI. Sabtu (21/09/2019).

Lebih lanjut, Evi juga menyampaikan perlunya supporting sistem dari kolektif kolegial antar divisi demi suksesnya penyelenggaraan pemilu. Terutama dalam menghadapi pemilukada 2020 mendatang.

“Bahwa belajar dari pemilu 2019 selain harus memahami secara teknis penyelenggaraan, harus juga faham tentang teknis keuangan, teknis hukum dan sebagainya. Selain itu, juga harus faham UU, PKPU, Juknis, dan SE nya sebagai landasan dan dasar hukum sebagai roh dan jantungnya penyelenggaraan. Sehingga tidak bisa diintervensi oleh siapapun,” terang Istikah anggota KPU Magetan divisi Teknis Penyelenggaraan di sela-sela kegiatan Konsolnas.

PERBAIKAN REGULASI PROSES PEMUTAKHIRAN DATA DALAM PEMILU ATAU PILKADA, KPU MAGETAN IKUTI FORUM DISKUSI KONSOLNAS
PASCA PEMILU, KPU PERKUAT KELEMBAGAAN