215 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Momentum Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 184 desa di Kabupaten Magetan turut dimanfaatkan KPU Magetan guna melakukan pemutakhiran data pemilih. Upaya ini dengan melakukan sinkronisasi antara data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebagai dasar penyusunan daftar pemilih pilkades serentak, dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

Kasubag Perencanaan Data dan Informasi KPU Magetan Ervan Rifai Kamis (22/08/2019) menjelaskan, Sinkronisasi tersebut untuk memperbarui data terakhir DPT Pemilu 2019 sebagai kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. Dari sinkronisasi akan diketahui adanya pemilih baru ataupun pemilih yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

“Pemilih TMS khususnya karena meninggal atau perubahan status sipil menjadi TNI atau Polri atau sebaliknya, termasuk adanya perpindahan penduduk baik antar Desa atau Kecamatan termasuk antar kabupaten dalam satu propinsi atau luar propinsi,”terang Ervan.

Lebih lanjut pria tambun ini menjelaskan, Sinkronisasi juga guna memvalidkan data pemilih pada Daftar Pemilih Khusus (DPK) pada Formulir A-DPK pada Pemilu 2019 lalu. Proses validasi dengan melacak kelengkapan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (NKK), alamat dan status.

“Momentum Pilkades serentak di 184 desa di 18 kecamatan di Kabupaten Magetan tahun ini cukup efektif untuk memperbarui data pemilih. Dan hasilnya kita dapat memperbarui data pemilih cukup banyak,” tambah pria berkacamata.

Selain Sinkronisasi, KPU Magetan juga akan langsung jemput bola dengan mendatangi 235 desa di Magetan. Melalui petugas Register Kependudukan tingkat desa akan diperoleh data penduduk yang lebih akurat sesuai kondisi dilapangan.

Kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini, diharapkan akan terus melakukan pembaruan data pemilih. Sehingga terjaminnya data pemilih yang akurat saat dibutuhkan dalam Pilkada dan Pemilu mendatang.

SEBANYAK 45 ANGGOTA DPRD MAGETAN HASIL PEMILU 2019 RESMI DILANTIK
JELANG PILKETOS, KPO SMKN 1 MAGETAN MINTA PENDAMPINGAN KPU