162 total views, 2 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan – KPU Kabupaten Magetan siap menghadapi gugatan hasil Pemilu 2019 pada pemilihan DPR RI daerah pemilihan VII Jawa Timur. Hal ini menyusul adanya register perkara di Mahkamah Konstitusi oleh Partai Berkarya. Gugatan berkaitan dengan dugaan adanya selisih perolehan suara yang diklaim Partai Berkarya.

Gugatan menyusul surat Partai Berkarya kepada Mahkamah Konstitusi perihal pembatalan penetapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan anggota DPR,DPD dan DPRD  yang dituangkan dalam daftar perkara nomor 307-07-14/AP3-DPR-DPRD/PAN/MK/2019. Gugatan selisih perolehan suara dari 31.465 yang diklaim seharusnya mencapai 50.000 perolehan suara akumulasi di Dapil VII meliputi Kabupaten Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan dan Trenggalek.

“Secara resmi kami masih menunggu Pengumuman Buku Register Perkara Konstitusi  (BRPK) oleh Mahkamah Konstitusi Tanggal 1 Juli mendatang. Namun dari informasi awal itu kita Divisi Hukum dan Divisi Teknis Penyelenggaraan telah menyiapkan berbagai dokumen yang diperlukan. Intinya kita siap menghadapi gugatan,”ungkap Ismangil, Anggota KPU Kabupaten Magetan,  Senin ( 24/06/2019).

Lebih lanjut, Ketua Divisi Hukum KPU Kabupaten Magetan ini menjelaskan dokumen untuk menghadapi gugatan yakni dokumen rekapitulasi suara pada pemilu 2019 mulai di tingkat TPS, PPS, PPK hingga di tingkat Kabupaten. Semua berkas sudah siap dan sebelumnya juga telah dipublikasikan kepada publik  melalui situng KPU.

“Setahu kami dalam proses rekapitulasi suara, saksi dari Partai Berkarnya tidak pernah menyampaikan keberatan. Bahkan saksi mulai tingkat TPS, dan rekapitulasi suara di tingkat PPK dan Kabupaten saksi yang hadir berkenan tandatangan hasil Perolehan suara,” papar Ismangil.

Dari rangkaian proses inilah, Ismangil optimistis menghadapi gugatan Partai Berkarya. Karena gugatan tidak spesifik untuk KPU Magetan melainkan seluruh wilayah di Daerah Pemilihan VII, pihaknya akan menjalani koordinasi dengan KPU Kabupaten lain.

Untuk menjalani koordinasi, KPU Magetan tengah menghadiri Rapat Koordinasi yang di gelar KPU Jawa Timur. Rapat menghadirkan Anggota KPU dan Kasubbag Hukum. Rakor guna memastikan kasiapan dan persiapan dokumen menghadapi gugatan dan persidangan di MK mendatang.

“Dokumen yang diperlukan kita koordinasikan ke Jawa Timur termasuk persiapan membuat kronologis atas subtansi gugatan Partai Berkarya,” tambah Dina Triasmadji Kasubbag Hukum KPU Magetan di tengah persiapan berangkat rakor.

Dina lebih lanjut menjelaskan, selain menunggu BRPK dari MK, KPU Magetan juga masih menunggu secara detail gugatan yang dimaksud Partai Berkarya. “Yang paling utama hari ini kita siap menghadapi gugatan. Dan menyiapkan semuanya dengan baik,” pungkas Dina.

RAKOR PERDANA, DIVISI HUKUM SE JATIM SIAPKAN KRONOLOGI DAN ALAT BUKTI PHPU LEGISLATIF
TUNTAS, HASIL PEMILU 2019 DI MAGETAN TERPUBLIKASI