658 total views, 1 views today

Magetan – KPU Magetan menyelesaikan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum Tahun 2019 di semua Dapil (lima Dapil) Magetan. Simulasi terakhir ini dilaksanakan pada Kamis (28/03/2019) di Balai Desa Genengan Kecamatan Kawedanan.

Edi Wiyono Anggota KPU Magetan menyampaikan rangkaian tugas-tugas KPPS di Hari H, mengamati perkembangan permasalahan yang potensi muncul di TPS nanti, disampaikan juga klasifikasi surat suara sah/ tidak sah pada surat suara Pemilu 2019.

“Sosialisasi ini sendiri dilakukan untuk memantapkan kesiapan penyelenggara dalam melaksanakan pemungutan dan pengitungan suara. Direncanakan akan dilangsungkan di 5 titik kegiatan. Luaran simulasi tungsura akan dipakai bahan untuk simulasi rekapitulasi tingkat kecamatan,” kata Edi Wiyono, selaku anggota KPU Kabupaten Magetan Devisi Teknis Penyelenggaraan.

Simulasi yang dilakukan melibatkan PPS dan PPK sebagai peserta, yaitu mereka berperan sebagai KPPS dan juga pemilih. Sehingga mereka bisa dengan jelas memahami bagaimana proses pemungutan dan penghitungan suara dari awal hingga akhir. Pada simulasi tersebut ada yang berperan sebagai pemilih disabilitas, DPTb dan DPK serta dilakukan agenda setting tentang berbagai macam masalah yang kemungkinan besar akan timbul ketika proses pemungutan dan penghitungan suara pada hari-H pemilu.

Selain untuk meningkatkan pengetahuan penyelenggara Pemilu 2019 di tingkat PPK dan PPS, simulasi ini sangat penting dilakukan guna mempersiapkan penyelenggara Pemilu yang berkompeten. Sehingga, penyelenggara Pemilu tingkat Kecamatan, desa bahkan KPPS dapat menjalankan Pemilu dengan lancar dan mensukseskan Pemilu 2019.

PEMILU RUN
Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di Kecamatan Sukomoro