718 total views, 1 views today

Magetan – Mengingat pemilu tinggal 55 hari lagi. Sosialisasi tata cara pemungutan dan penghitungan suara sangat diperlukan demi menghindari kelalaian saat pemilu nanti. Maka dari itu, KPU Magetan mengadakan sosialisasi tata cara pemungutan dan penghitungan suara pemilihan umum tahun 2019. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh PPK se Kabupaten Magetan pada hari Rabu (20/02/2019) di aula KPU Magetan.

Proses pemungutan dan penghitungan suara merupakan salah satu proses terpenting dalam sebuah pemilu, maka dari itu perlu adanya penyampaian materi mengenai tata cara pemungutan dan penghitungan suara yang benar. Supaya dalam prosesnya nanti akan lancar dan terhindar dari berbagai macam kesalahan yang akan menghambat proses pemungutan dan penghitungan suara.

Edi Wiyono selaku anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magetan Divisi Teknis Penyelenggaraan menyampaikan beberapa materi, diantaranya adalah tata cara pemungutan suara dan penghitungan suara Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Pelaksana pemungutan suara adalah KPPS, maka menjadi keharusan bagi PPK sebagai atasan KPPS untuk mampu memahami tata cara pemungutan dan penghitungan suara. Harapannya nanti, PPK bisa menyampaikan ke PPS dan seterusnya, tentang penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Magetan mulai dari KPU sampai KPPS mempunyai pemahaman yang benar dan sama, tentang tata cara pemungutan dan penghitungan suara, sehingga pada pelaksanaannya nanti, kemungkinan kelalaian-kelalaian dalam menyelenggarakan pemungutan suara bisa dihindari.” demikian dipaparkan Edi Wiyono, anggota KPU Magetan divisi teknis penyelenggaraan

Agus Dwi Hanggono, anggota KPU Magetan divisi hukum menjelaskan tentang tanda coblos sah atau tidak sah dalam pemilu 2019. “Gunakan hak pilihmu secara benar dan bertanggung jawab.” ungkapnya. Karena menggunakan hak pilih secara benar berarti menggunakan hak pilih sesuai dengan tata cara yang sudah diatur dan tentunya dapat dipertanggung jawabkan.

KPU Magetan Selesai Rakit Kotak Suara
Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di Kabupaten Magetan