59 total views, 3 views today

Reporter : May

Editor : Billyn

Mojokerto, kpud-magetankab.go.id – KPU Magetan mulai melaporkan hasil proses pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan dalam Rapat Koordinasi KPU Jawa Timur, di Kabupaten Mojokerto, Kamis (11/07/2019). Laporan dengan mengirimkan perkembangan hasil input Pemilih dengan KTP atau DPK pemilu 2019 menjadi DPT dalam aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih).

Proses pemutakhiran data dilakukan dengan membuka kotak suara untuk memperoleh formulir daftar nama pemilih kategori DPK pada formulir A.DPK dan C7-DPK beberapa saat lalu. Proses input data ke aplikasi sidalih telah mencapai separuh data atau hampir mencapai 50%.

Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam dalam sambutannya menegaskan pentingnya pemutakhiran data pemilih sebagai bentuk akurasi data pemilih. Sehingga hak konstitusi pemilih bisa terwadahi dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan update data secara berkesinambungan baik sebelum atau sesudah tahapan pemilu berlangsung.

“Proses pemutakhiran data adalah tahapan yang paling panjang dan sangat krusial dalam proses pemilihan. Oleh karenanya pemutakhiran data harus dilaksanakan dengan cermat untuk menghasilkan data pemilih yang akurat, mutakhir dan komprehensif, sehingga dikemudian hari tidak ada persoalan tentang data pemilih,” papar Choirul Anam.

Bagian dari pemutakhiran data pemilih berkelanjutan akan dipublikasikan, dengan harapan partisipasi masyarakat untuk mengetahui data mereka. Masyarakat juga dapat memberikan laporan bila adanya perubahan pindah domisili, termasuk adanya pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat diantaranya berubah status menjadi TNI/ Polri atau sebaliknya serta sudah meninggal dunia.

“Semangat KPU adalah keterbukaan. Dimana KPU sebagai lembaga publik benar-benar mengedepankan keterbukaan baik terkait proses pemilihan maupun produk yang dihasilkan. Dengan keterbukaan ini diharapkan masyarakat bisa mengakses informasi tentang pemilu dengan mudah sehingga kepercayaan publik kepada KPU dapat terbentuk dengan baik,” pungkasnya.

HADAPI PELANTIKAN CALEG MAGETAN SIBUK URUS BERKAS
MENANGI PEMILU 2019, PDI PERJUANGAN MAGETAN DIPASTIKAN RAUP 10 KURSI