65 total views, 3 views today

Reporter : May

Editor : Billyn

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Pasca pemilu, upaya perbaikan data pemilih langsung dilakukan oleh KPU Kabupaten Magetan. Perbaikan dengan cara memasukan pemilih pada pemilu 2019 yang hanya menggunakan KTP atau Daftar Pemilih Khusus ( DPK) ke dalam Daftar Pemilih Tetap ( DPT) dalam aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih ( Sidalih).

Perbaikan ini sebagai tindaklanjut perintah KPU RI untuk seluruh KPU Kabupaten/Kota membuka kotak suara sesuai Surat Edaran KPU RI Nomor 942.  Proses ini untuk mengambil data pemilih DPK pada formulir A.DPK dan C7-DPK pemilu 2019 yang lalu. Selanjutnya seluruh berkas dilakukan pengolahan data sebelum akhirnya diinput pada aplikasi Sidalih.

“Proses ini bagian dari program pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan. Data pemilih di Magetan terus kita update. Hal ini untuk keperluan pilkada atau pemilu selanjutnya dimana data pemilih semakin akurat,” ungkap Anggota KPU Kabupaten Magetan Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Nanik Yasiroh, Rabu (10/07/2019).

Meskipun tahapan pilkada untuk Magetan baru berlangsung tahun 2024 mendatang, namun perbaikan data pemilih terus dilakukan sepanjang tahun. Khusus proses input data pemilih DPK pada pemilu 2019 ditargetkan akan selesai beberapa bulan kedepan.  Perbaikan termasuk melibatkan dinas instansi terkait diantaranya Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil.

“Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tetap kita lakukan dengan baik dan penuh kecermatan dalam rangka menyajikan data pemilih yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Inti dari program ini bagaimana seluruh pemilih dapat terdata dengan baik dan nantinya dapat menggunakan hak konstitusinya setiap pemilu” pungkas Nanik.

MENANGI PEMILU 2019, PDI PERJUANGAN MAGETAN DIPASTIKAN RAUP 10 KURSI
HINDARI SANKSI BATAL DILANTIK, 45 CALEG SERAHKAN LHKPN