28 total views, 1 views today

Malang, Kpud-magetankab.go.id – Pemilihan umum tahun 2019 merupakan Pemilu serentak yang pertama kali dilakukan dalam memilih DPR, DPD, DPRD dan Presiden dan  wakil Presiden.  Dalam pelaksanaanya tentunya banyak sekali masalah yang timbul baik permasalahan dalam pelaksanaan yang dilakukan KPU maupun Bawaslu. Dengan adanya permasalahan tersebut Bawaslu prov jawatimur mengadakan seminar evaluasi pelaksanaan pemilihan umum 2019 , Senin, (11/11/2019)

Dalam pelaksanaanya turut mengundang mahasiswa dari perguruan tinggi di kota Malang Jawa timur, guna untuk mendapatkan tanggapan dari masyarakat khususnya para mahasiswa dalam pelaksanaan pemilihan tersebut.

“Dalam penyampaiannya terdapat beberapa permasalahan mulai dari tahapan yang dilakukan oleh KPU mulai dari DPT, DPTb dan DPK. Permasalahan tersebut merupakan hal hal yg perlu dievaluasi sehingga dalam Pemilu tahun 2024 tidak muncul permasalahan yang sama dalam pelaksanaan Pemilu. Permasalahan tersebut paling banyak dilakukan oleh penyelenggara terutama tingkat TPS atau yg dilakukan KPPS” ungkap Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, Insan Qoriawan

Beliau juga menyampaikan adanya permasalahan adanya ketelitian dalam absensi C7 juga adanya kesesuaian aplikasi sipol dan Silom juga pencermatan kelengkapan dalam berkas caleg termasuk SKCK calon.

Sedangkan dalam penyampaiannya Bawaslu provinsi Jatim menyampaikan bahwa dalam melakukan penindakan permasalahan pemilihan umum kadang tidak sesuai dengan regulasi yang ada. Sehingga Bawaslu juga tidak serta Merta dalam menindak setiap pelanggaran yang dilakukan oleh peserta Pemilu. Karena setiap penindakan pelanggaran juga disesuaikan dengan regulasi yang ada.

Sedangkan dosen hukum Universitas Brawijaya Malang menyapukan bahwa beberapa kesalahan bukan serta Merta kesalahan penyelenggara Pemilu namun karena kesalahan pembuat hukum dalam Pemilu. Sedangkan penyelenggara hanya melaksanakan sesuai hukum dan regulasi didalamnya.

KPU GOES TO SCHOOL, SOSIALISASI RUMAH PINTAR PEMILU DI MA MA'ARIF MOJOPURNO
AKU PAHLAWAN MASA KINI, KPU MAGETAN GELAR UPACARA HARI PAHLAWAN 2019