165 total views, 2 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Jelang Pemilihan Ketua OSIS (PILKETOS) SMKN 1 Magetan, KPU Magetan melakukan sosialisasi pemilihan, Senin (26/08/2019). Sosialisasi ini sebagai bentuk pendampingan kepada Komisi Pemilihan OSIS (KPO) agar PILKETOS berjalan sesuai dengan tahapan seperti pemilu.

Sosialisasi ini diberikan oleh Anggota KPU Magetan divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM Nur Salam dan Nanik Yasiroh  Anggota KPU Magetan divisi Perencanaan Data dan Informasi, beserta Kasubag Teknis dan Hupmas Andik Indarto.

“Semua pemilihan harus ada tiga instrument, syarat mutlak yang harus ada.  Pertama, panitia pemilihan, lalu calon yang dipilih, dan ketiga yang memilih. Meskipun mekanismenya sederhana, tapi ketiga instrument itu harus ada. Dan di SMKN 1 syarat baku tersebut sudah terpenuhi.” Ujar Nur Salam dihadapan KPO SMKN 1 Magetan.

Dalam sosialisasi ini juga dijelaskan tentang tahapan PILKETOS seperti sosialisasi, pemantauan/pengawasan, kampanye calon ketua OSIS, siapa saja yang berhak memilih, syarat apa saja untuk memilih seperti kartu pelajar, proses penghitungan suara dan rekapitulasi sampai dengan penetapan.

“Kami di KPU Magetan siap membuka kursus kepemiluan singkat. OSIS bisa study banding atau belajar di KPU. Ini tugas OSIS terpilih untuk menyiapkan pemilihan selanjutnya. Nanti ada Undang-Undang khusus PILKETOS, nanti dibuatkan bareng bareng dengan KPU,” tambah Nur Salam

Nanik menambahkan, kalau KPO bisa menyelenggarakan pemilihan ini semirip mungkin dengan penyelenggaraan pemilu. Maka itu hal yang luar biasa, karena pasti kesadaran dan pemahaman demokrasi KPO pasti bagus. Dan tentunya SMKN 1 Magetan bisa menjadi percontohan PILKETOS se Kabupaten Magetan.

MUTAKHIRKAN DATA PEMILIH, KPU MAGETAN TERJUN KE 235 DESA
GUBERNUR JATIM : DEWAN HARUS LARI KENCANG BANGUN MAGETAN