164 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – KPU Magetan mendesak agar caleg yang berpotensi terpilih untuk segera memenuhi persyaratan administrasi khususnya Laporan Harta Kekayaan Penyelengara Negara (LHKPN). Karena  apabila caleg tidak memenuhi persyaratan LHKPN, hingga tujuh hari setelah penetapan maka batal dilantik.

“Mengingat waktu yang sudah mepet, penting kiranya para caleg terpilih ini segera menyerahkan tanda bukti LHKPN dari KPK ke KPU Kabupaten Magetan. Karena syarat wajib yang harus dipenuhi dan berkonsekuensi pada pembatalan pelantikan bila tidak dipenuhi,” jelas Ketua KPU Kabupaten Magetan, Fahrudin disela-sela Bimtek di hadapan para pimpinan parpol, selasa (02/07/2019).

Tercatat hingga tanggal 2 Juli 2019, sedikitnya dari 45 caleg terpilih sebanyak 6 diantaranya belum menyerahkan bukti LHKPN ke KPU Kabupaten Magetan. Syarat ini diatur dalam PKPU Nomor 5 tahun 2019 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPD dan DPRD serta Surat Edaran KPU RI Nomor: 184/PP.01.4-SD/06/KPU/VI/2019.

“Sesuai dengan aturan hukum ini telah disebutkan apabila calon tidak menyerahkan persyaratan LHKPN, maka KPU Kabupaten Magetan tidak mencantumkan nama yang bersangkutan dalam pengajuan nama calon terpilih yang akan dilantik Presiden, Kementrian Dalam Negeri dan Gubernur,” tambah Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Ismangil.

Sejauh ini KPU Kabupaten terus melakukan Komunikasi dengan Pimpinan partai politik, agar 6 caleg terpilih segera memenuhi LHKPN. “Kami terus menjalin komunikasi dengan partai agar syarat ini segera dipenuhi. Karena resiko bisa sampai pembatalan pelantikan,” pungkas Ismangil.

HADAPI PENETAPAN CALEG TERPILIH KPU MAGETAN KERAHKAN KEPOLISIAN
CALEG TERPILIH DI MAGETAN IKUTI BIMTEK PENETAPAN