168 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Jember – KPU Jawa Timur menekankan kepada seluruh KPU Kab/Kota se- Jatim untuk selalu menjalin kerjasama dengan seluruh media massa. Hal ini demi tersampaikannya informasi Pemilu kepada masyarakat.

Penekanan ini disampaikan Anggota KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro, dalam Rapat Koordinasi Pengelolaan SDM dan Evaluasi Badan Adhoc Pemilu 2019 di Kabupaten Jember (21/06/2019). Upaya ini dengan selalu menggandeng semua wartawan baik cetak harian dan mingguan dan media elektronik baik tv, radio, serta media online dalam setiap kegiatan di masing-masing daerah.

“Ini semua bagian dari tugas dan fungsi kehumasan yang harus kita lakukan,” papar Gogot dihadapan Anggota  KPU Kab/Kota Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM.

Lebih lanjut Gogot menjelaskan, upaya komunikasi dengan wartawan dapat dibangun diantaranya dengan melakukan release informasi semua tahapan dan hasil Pemilu. Selain itu, memfungsikan media center, Focus Discusion Group dengan wartawan yang harus terus dibangun. Guna memastikan keutuhan dan kebenaran atas informasi yang perlu disampaikan dapat diadakan bimbingan teknis kepada wartawan tentang tahapan Pemilu yang dilaksanakan KPU.

“Saya meyakini Anggota KPU Kab/Kota ini sudah biasa berinteraksi dengan para wartawan, apalagi banyak juga Anggota KPU yang juga mantan wartawan,” terang Pria asal Magetan ini.

Lebih lanjut mantan wartawan ini menjelaskan, tingginya tingkat partisipasi pada pemilu 2019 di Jawa Timur tidak bisa dilepaskan dari upaya kerjasama yang baik dengan media.  Sehingga upaya menggugah kesadaran pemilih untuk menggunakan hak pilihnya semakin tergugah. Partisipasi pemilih pada pemilu 2019 di semua Kab/Kota se Jawa Timur mencapai 80% lebih, melebih target yang ditetapkan secara Nasional 77,5%.

“Sinergisitas ini harus dipertahankan untuk kebaikan kepentingan sosialisasi kerja kelembagaan KPU dengan media,” terang Gogot.

Pasca pemilu 2019, penekanan kerjasama dengan media lebih ditekankan lagi bagi 19 KPU Kab/Kota yang akan menggelar Pilkada serentak 2020 mendatang. Sehingga, informasi kepada masyarakat tersampaikan serta tingkat partisipasi pemilih terus dapat ditingkatkan.

TUNTAS, HASIL PEMILU 2019 DI MAGETAN TERPUBLIKASI
KPU RI VERIFIKASI DUA KPPS MENINGGAL ASAL MAGETAN