144 total views, 1 views today

Kendari,(kpud-magetankab.go.id)– Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magetan menugaskan Edi Wiyono anggota KPU divisi Hukum dan Bakri Siminggus Operator SIPPP untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP) yang di adakan KPU RI di Kendari Sulawesi Tenggara (21/03/2018). Sesuai agenda yang telah ditetapkan sebelumnya, hari kedua bimbingan teknis (bimtek) Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP) Gelombang II, diisi oleh para operator provinsi, kabupaten/kota dengan kegiatan pembekalan.

Pada kegiatan yang digelar di Hotel Clarion, Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (21/3/2018) ini, para operator terbagi ke dalam empat kelas, untuk kelas A dikhususkan bagi operator provinsi sementara kelas B, C, serta D untuk operator kabupaten/kota. Pemisahan kelas operator disesuaikan dengan tingkatan operator, mengingat tiap tingkatan operator memiliki tugas yang berbeda. Untuk kelas A, fasilitator menyampaikan materi dasar meliputi pengertian, fungsi, ruang lingkup SIPPP sampai informasi model formulir dan perhitungan sampel dukungan calon Anggota DPD.

Berbeda untuk kelas operator kabupaten/kota B, C dan D, fasilitator yang menyampaikan materi mulai dari materi dasar, identifikasi pemangku kepentingan dalam verifikais faktual, strategi pelaksanaan verifikasi faktual serta prosedur pengisian formulir verifikasi faktual. Interaksi antar kelas terbangun cukup efektif dimana peserta dan fasilitator saling interaktif satu sama lain dan sesekali diisi dengan diskusi. Tujuan dari pembagian kelas ini sendiri memang ingin agar jajaran penyelenggara pemilu di daerah dapat terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.(SGT/Minggus)

Rakor DPSHP
KPU MAGETAN PLENO TERBUKA DPS