656 total views, 1 views today

Magetan – Mengingat pendampingan PPK untuk mengetahui ketentuan surat suara sangat diperlukan, maka KPU Magetan mengadakan Sosialisasi Ketentuan Surat Suara Sah dan Tidak Sah Pemilihan Umum Tahun 2019. Sosialisasi ini diadakan di Aula KPU Magetan pada Rabu (06/03/2019).

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan oleh Ketua KPU Magetan bahwa untuk saat ini hampir 80% logistik sudah diterima. “Kita sudah menerima surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan saat ini kita sedang melakukan proses sortir dan lipat,” papar Poppy MS Putranto. Ditambahkannya, saat ini jumlah surat suara yang diterima sejumlah 543.331 lembar yang sesuai dengan jumlah DPT plus 2% per TPS.

Sementara itu Edi Wiyono anggota KPU Magetan divisi teknis penyelenggaraan berpesan untuk mempelajari PKPU rekapitulasi agar semua PPK paham tentang aturannya. “Pelajari PKPU, bimbingan teknis tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil surat suara,” katanya

“Mengingatkan saja terkait rekapitulasi di Kecamatan bentuknya parallel, artinya teman-teman PPK harus bisa memimpin rapat dan harus paham betul PKPU 3 dan 4. Kunci memimpin rapat itu harus paham betul alurnya dan memahami regulasi yang ada,” pesan Agus Dwi Hanggono anggota KPU Magetan divisi Hukum.

Tentang penyelesaian keberatan, apabila terdapat keberatan, PPK harus bisa menjelaskan prosedur dan/atau mencocokkan selisih hasil penghitungan dengan formulir Model C1.Plano tapi tidak semua keberatan itu diterima. “Keberatan tidak harus semua diterima, apabila kita sudah sesuai prosedur, cukup dijelaskan aturan yang mengatur,” tambah Edi Wiyono

SAY NO TO GOLPUT !
Magetan Mulai Pelipatan Surat Suara