651 total views, 2 views today

 

MAGETAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan, menggelar kursus kepemiluan. Kegiatan tersebut akan diadakan selama tiga hari, 27-29 November 2018, di aula kantor KPU Magetan.

Dalam kerangka peningkatan partisipasi pemilih  dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang salah satu giat KPU Magetan dengan melakukan Kursus Kepemiluan Dalam acara itu, para peserta diberi pemahaman seputar pemilu serta diajak menyosialisasikan kepada seluruh masyarakat di sekitarnya untuk pentingnya mencoblos atau menyalurkan hak suaranya.

“Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menargetkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019 secara nasional sebesar 77,5 persen, sehingga salah satu upayanya KPUD Magetan menggelar kursus kepemiluan, agar partisipasi pemilih itu bisa tercapai,” ujar Komisioner KPUD Magetan Divisi SDM dan Parmas, Marsono, Selasa (27/11/2018).

Giat itu, diikuti puluhan peserta dari berbagai kalangan di Kabupaten Magetan. Diantaranya, mahasiswa atau pelajar, guru PPKN, penyiar radio,admin media sosial dan masyarakat umum lainnya.

“Pada kursus kepemiluan tersebut, tiap sesi perharinya ada 20 orang, pada hari pertama diikuti teman-teman dari kalangan pelajar atau mahasiswa, selanjutnya hari kedua dari Guru PPKN, dan hari terakhir pesertanya dari masyarakat umum. Ini bagian dari pendidikan pemilih, supaya mereka mendapatkan ilmunya dulu, harapannya bisa menyampaikan ke teman-temannya yang lain dan mensosialisasikan terkait pemilu 2019,” tandasnya.

Salah satu pembicara atau pemateri dalam kursus kepemiluan tersebut, berasal dari media online nasional TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Bambang H Irwanto yang menekankan pentingnya cara penyampaian komunikasi yang benar.

Selain itu, para peserta kursus kepemiluan tersebut juga diminta untuk menyiapkan serta menguasai materi dengan baik. “Harus ada interaksi, dan harus kelihatan sempurna atau layak di depan audien, seperti mempersiapkan dan menguasai materi dengan baik, bayangkan apa yang akan terjadi saat presentasi, pada saat presentasi perhatikan kontak mata, body language, bahasa, dan intonasi penyampaian, joke, adakan tanya jawab yang menarik, dan berilah kesimpulan,” ucap Bambang H Irwanto

PESERTA KURSUS KEPEMILUAN
KPU RAKOR KESIAPAN PEMILU DENGAN PEMERINTAH DAERAH MAGETAN