95 total views, 2 views today

MAGETAN-KPU Kabupaten Magetan mengikuti Rakor Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan yang dilaksanakan di Aula Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar. Ketua KPU Kabupaten Magetan dan Divisi Program Data menghadiri acara rakor beserta 2 staf operator Sidalih. Rakor diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur dalam rangka menghadapi Pemilukada Serentak 2018 dan Pemilu 2019 yang diikuti 38 KPU Kab/Kota se Jawa Timur mulai tanggal 14 sampai dengan 15 Juli 2017.  Hadir dalam rakor pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan ini Ketua KPU RI Arif Budiman.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya menyampaikan, “Proses pemutakhiran pemilih berkelanjutan ini nantinya bisa menjadikan daftar pemilih yang selalu update,” jelas Eko Sasmito.

“Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan diinput dalam portal Sidalaih KPU yang kemudian dilakukan pencoretan, input pemilih baru maupun perubahan status,” tambah Eko Sasmito. Mutarlih sebagai dasarnya adalah DPT terakhir pemilu sebelumnya yaitu DPT Pilpres atau KPU Kab/Kota yang sudah melaksanakan Pemilukada serentak di tahun 2015 dan 2017 sebagai dasar input DPT terakhir untuk mutarlih.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur menambahkan, “Bahwa pelaksanaan mutarlih ini wajib dilaksanakan oleh seluruh KPU Kab/Kota dalam menghadapi Pemilukada serentak 2018 dan pemilu 2019,” tambah Eko Sasmito.

Acara rakor pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU RI Arif Budiman. Dalam sambutan pembukanya Ketua KPU RI mengatakan, “Provinsi Jawa Timur dengan pemilih terbesar kedua se telah Jawa Barat merupakan cerminan keberhasilan dalam pelaksanaan pemilu di Indonesia,” tegas Arif Budiman.

“Mutarlih yang dilaksanakan oleh seluruh KPU Kab/Kota secara periodik nantinya akan dijadikan produk unggulan KPU sebagai Daftar Pemilih yang selalu update yang telah dilakukan sinkronisasi data dari Depdagri,” tambah Ketua KPU RI.

Rakor pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua KPU RI Arif Budiman yang disaksikan Ketua dan Anggota serta Sekretaris  KPU Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya Rakor pada hari pertama dengan materi pemaparan secara umum tentang portal Sidalih yang disampaikan oleh Choirul Anam Anggota KPU Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya di hari kedua rakor mutarlih membahas teknis tentang aplikasi Sidalih yang dipandu oleh Dwi Riyanto Operator Sidalih KPU Kabupaten Nganjuk dan Choirul Anam sebagai Pemateri.

Disela-sela rakor Ketua KPU Kabupaten Magetan mengatakan, “KPU Magetan telah melakukan proses pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan yang dilakukan selama periode Semester I 2017,” terang Hendrad Subyakto.

Divisi Program Data KPU Kabupaten Magetan menambahkan, “Mutarlih ini meliputi input data pemilih yang tertera di DPTb dan selanjutnya diinput di Sidalih,” tambah Nur Salam.(eabs)

 

 

Persamaan Hak Perempuan untuk dipilih atau memilih
CALON PANWASKAB MAGETAN YANG DINYATAKAN LULUS TES TERTULIS