231 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Jelang pemilihan Ketua OSIS, Komisi Pemilihan OSIS (KPO) SMKN 1 Magetan mengunjungi kantor KPU Magetan, Selasa (20/08/2019). Mereka melakukan konsultasi sekaligus meminta pendampingan pada proses persiapan hingga hari pencoblosan mendatang.

Kunjungan KPO SMKN 1 Magetan ini diterima langsung oleh Nur Salam Anggota KPU Magetan Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM beserta sejumlah staf. Kepada KPU Magetan, pihak KPO SMKN 1 Magetan berharap proses pemilihan ketua OSIS di sekolah dapat berlansung layaknya pemilu atau pemilihan bupati dan wakil bupati.

“Saat ini proses persiapan sudah dilakukan termasuk proses pencalonan yang memasuki tahap verifikasi administrasi termasuk sejumlah test yang harus dilalui. Dari 12 calon yang mewakili setiap jurusan nantinya akan dikerucutkan menjadi 6 untuk ditetapkan sebagai calon,” papar Sella salah satu perwakilan KPO SMKN 1 Magetan.

Lebih lanjut sella menjelaskan, selain proses pencalonan tahapan kampanye juga diberikan diantaranya melalui debat antar calon termasuk penyampaian visi misi dengan melibatkan panelis. Para calon juga diberikan kesempatan untuk meminta dukungan langsung kepada para siswa atau calon pemilih.

“Kami berharap KPU Magetan dapat mendampingi agar proses pemilihan ketua OSIS di sekolah kami bisa lebih baik lagi, utamanya bagi kami Komisi Pemilihan OSIS atau KPO bisa seperti KPU yang melaksanakan pemilu,” tambah sella.

Sementara itu kepada para siswa, Nur Salam mengaku siap melakukan pendampingan sebagai bagian dari pendidikan politik bagi para pemilih pemula dikalangan pelajar ini. Pendampaingan akan dilakukan dengan memberikan masukan khususnya regulasi atau tahapan-tahapan dalam pemilihan.

“Saya berharap Pemilihan ketua OSIS ini menjadi bagian dari miniature pemilu. Sehingga tahapan-tahapan hampir sama dengan pemilu, mulai tahap persiapan, pencalonan, kampanye hingga pemilihan. contohnya pada tahap kampanye bisa dilakukan berbagai format yang inovatif diantaranya kampanye terbuka,” papar Nur Salam kepada para siswa.

Lebih lanjut Nur Salam juga menyampaikan saat ini KPU Magetan tengah melakukan komunikasi dengan Dinas Pendidikan dan Kemenag setempat untuk mengusulkan adanya Pemilihan Ketua OSIS (PILKETOS) serentak seluruh SMA Sederajat. “Sehingga nanti layaknya Pilkada serentak, semua sekolah tingkat SMA menggelar PILKETOS serentak. Sehingga regulasi atau tahapan PILKETOS semua sama, termasuk para siswa antar siswa bisa saling belajar,” pungkas Salam.

KPU MAGETAN SINKRONKAN DATA PEMILIH DENGAN DP4 PILKADES SERENTAK
PEMUSNAHAN TUNTAS, KPU MAGETAN HAPUS KOTAK SUARA DARI NERACA