93 total views, 2 views today

MAGETAN (kpud-magetankab.go.id). Menjelang Pilkada serentak, KPU Magetan mulai gencar melakukan berbagai sosialisasi. Selain sosialisasi langsung ke lapisan masyarakat, sosialisasi menggunakan spanduk dan baliho juga mulai dilakukan.

 

Sosialisasi kususnya berkaitan dengan syarat calon pemilih pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati tahun 2018 mendatang, harus memiliki KTP elektronik. Sehingga KPU Magetan mendorong seluruh masyarakat yang belum memiliki KTP Elektonik segera mengurus ke Dispendukcapil Magetan.

 

“ Berbeda dengan Pilkada sebelumnya, pada Pilkada serentak tahun 2018 ini pemilih harus memiliki KTP eletronik untuk dapat terdaftar dalam Daftar Pimilih Tetap ( DPT). Sehingga kita berharap dengan sosialisasi ini masyarakat yang belum memiliki KTP Eletronik segera mengurus agar bisa menyalurkan hak pilihnya pada pilkada nanti,” ungkap Nur Salam, Anggota KPU Magetan, Kamis (03/8).

 

Sosialisasi melalui spanduk dilakukan KPU Magetan di 10 titik strategis di 9 kecamatan di magetan. Titik strategis meliputi, protokol jalan, kantor pemerintahan termasuk tempat ibadah. Sementara 9 kecamatan wilayah sosialisasi meliputi wilayah timur yakni Kecamatan Kawedanan dan Takeran.

 

Sementara wilayah barat Meliputi Kecamatan Plaosan sedangkan wilayah Selatan kusus pada Kecamatan Poncol dan Parang. Sedangkan Wilayah Utara meliputi Kecamatan Barat, karas dan Maospati. Sosialisasi kusus juga dilakukan di beberapa titik di pusat kota. “ Dengan pemasangan spanduk di tempat strategis ini, kami berharap masyarakat tergugah untuk segera mengurus KTP Elektronik,” Tambah anggota KPU Magetan Devisi Perencanaan dan Data ini.

 

Lebih jauh Nur Salam memaparkan, hasil Koordinasi dengan Dispendukcapil Kabupaten Magetan jumlah masyrakat yang belum memiliki KTP elektronik mencapai 31 ribu dari total masyrakat wajib ber KTP 537 ribu lebih. Sehingga masih tingginya masyarakat yang belum memiliki KTP Elektronik akan mempengarui partisipasi hak pilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 27 Juni 2018 mendatang.

 

“ Bagi masyarakat yang sudah melakukan perekaman namun KTP Eletronik belum jadi karena faktor terbatasnya blangko bisa menggunakan surat keterangan sebagai syarat memilih,” Pungkas Nur Salam. ( Nik/Sal)

PERSIAPAN REVALUASI BMN
RAYAKAN HUT RI, KPU MAGETAN HIAS KANTOR