82 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Tak ingin gagal dilantik, sebanyak 45 calon legislatif (Caleg) telah menuntaskan persyaratan tanda bukti Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ( LHKPN) ke kantor KPU Kabupaten Magetan. Caleg terplih dari Sembilan parpol di Magetan telah menyelesaiakan persyaratan sebelum batas akhir tujuh hari setelah penetapan.

Tanda bukti LHKPN dari KPK wajib diserahkan oleh caleg ke KPU Kabupaten Magetan sebagai salah satu syarat pengajuan caleg terpilih untuk bisa dilantik.  Hal ini sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota serta Surat Edaran KPU RI Nomor: 184/PP.01.4-SD/06/KPU/V/2019 perihal Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

“Sesuai dengan aturan hukum ini telah disebutkan apabila calon tersebut tidak menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), maka KPU tidak akan mencantumkan nama yang bersangkutan dalam pengajuan nama calon terpilih yang akan dilantik kepada Presiden, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Gubernur,” papar Kasubbag Hukum KPU Magetan, Dina Triasmadji Senin (08/07/2019).

Sebelumnya, pihak KPU Magetan terus mengingatkan kepada 45 caleg yang berpotensi terpilih pada pemilu 2019 ini segera menyerahkan LHKPN. Apalagi sebanyak enam caleg belum menyerahkan tanda terima LHKPN, dan masih dalam proses pengurusan.

Namun kini sebelum batas akhir penyerahan seluruh caleg yang berpotensi terpilih sudah menuntaskan persyaratan. Sehingga sudah tidak ada lagi ganjalan dan potensi adanya caleg yang berpotensi batal di lantik karena tersandung persyaratan.

Di Magetan, terdapat 45 kursi parlemen dan semua calon anggota legislatif terpilih telah menyerahkan tanda terima LHKPN. “KPU Magetan mengucapkan terima kasih kepada partai politik yang merespon baik dalam penyerahan bukti tanda terima LHKPN sebagaimana disyaratkan maksimal 7 hari setelah penetapan calon terpilih,” tambah perempuan asal Jombang ini.

KPU MAGETAN INPUT PEMILIH BER KTP KE DALAM DPT
PASCA PUTUSAN MK, KETUA KPU JATIM PRIHATIN MASIH MARAK BERITA HOAX