293 total views, 4 views today

Magetan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan mengadakan bimbingan teknis relawan demokrasi pemilihan umum tahun 2019 di Harmadha Joglo Jl. Diponegoro No 21, Selosari, Magetan. Ketua KPU Magetan, Poppy MS mengatakan, bimtek bagi Relawan demokrasi KPU ini akan berlangsung sehari. “Bimtek digelar di RM. Harmadha, dihadiri para Relawan Demokrasi yang beberapa minggu kemarin kita rekrut, mereka tersebar diseluruh perwakilan kecamatan di Magetan, ini bagian ikhtiyar kami mengejar target 77,5% partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019.” ujarnya, Kamis (24/01/2019). Sebanyak 53 orang dari 55 orang relawan demokrasi yang hadir dalam bimbingan teknis tersebut.

Bimbingan teknis diperlukan untuk memberikan gambaran tugas dan tanggungjawab selama menjadi Relawan Demokrasi, sehingga proses sosialisasi berjalan sesuai target yang telah ditentukan.

Acara berjalan dengan lancar dimulai dengan pembukaan, pre test, dan penyampaian materi sampai dengan penutupan pada sore hari ini (24/1). Adapun materi yang disampaikan yaitu pengenalan tentang relawan demokrasi, pentingnya demokrasi,pemilu dan partisipasi, penegakan hukum pemilu, pemahaman tentang teknis tahapan pemilu yang strategis, kode etik relawan demokrasi, dan materi penutup tentang teknik dalam komunikasi publik. Bambang Heri Irwanto sebagai pemateri teknik dalam komunikasi publik memiliki pesan yang harus diingat “Know yourself, know your audience, know your material”. Pesan tersebut sangat berguna untuk menjadi public speaking yang baik bagi relawan demokrasi.

Pembekalan PPK dalam Rapat Koordinasi Penyusunan DPK dan DPTb Kabupaten Magetan
Rakor Penyusunan DPK dan DPTb Pemilu 2019 di Sarangan