81 total views, 1 views today

Magetan (kpud-magetankab.go.id) – Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) bersama KPU Kabupaten Magetan, menggelar sosialisasi tahapan kampanye dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, di Rumah Makan Harmadha , Rabu (24/10). Sosialisasi dilakukan dihadapan penyelenggara Pemilu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ,Partai Politik dan pihak terkait (stakeholder).

Sebagai narasumber dalam acara sosialisasi tahapan kampanye Pemilu 2019, yakni Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, komisioner KPU Kabupaten Magetan Marsono,Iswahyudi Yulianto Plt.Kesbangpol Linmas Magetan.

Gogot yang juga Putra Asli Magetan itu menyatakan, untuk saat ini tahapan Pemilu 2019 sudah memasuki masa kampanye. Peserta Pemilu baik itu partai politik (parpol) yang di dalamnya ada DPR RI, DPRD Provinsi dan DPR Kabupaten/Kota, serta calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mempunyai hak untuk melaksanakan kampanye.

“Prinsip pelaksanaan kampanye sendiri selain jujur, terbuka dan dialogis. Juga harus mengandung muatan pendidikan politik dan peningkatan partisipasi masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan Gogot , jadwal kampanye sendiri cukup lama yaitu sampai 203 hari. Untuk 23 September 2018 sampai dengan 13 April 2019 nanti model kampanye yang bisa dilaksanakan adalah pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran BK, pemasangan APK, media sosial dan debat terbuka.

Sedangkan untuk kampanye iklan di media massa dan rapat umum, menurutnya ada jadwal tersendiri yakni selama 21 hari. Terhitung mulai 24 Maret – 13 April 2019, atau empat hari sebelum masa pemungutan suara dalam Pemilu 2019 yakni 17 April 2019 akan datang.

Iswahyudi Yulianto Plt.Kesbangpol Linmas Magetan dalam penyampaian Materi mengharapkan proses kampanye selaras dengan regulasi yang ada,termasuk peserta pemilu mengindahkan regulasi kepemiluan yang ada dan terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye sekiranya memperhatikan regulasi perda sehingga unsur unsur keindahan lingkungan terjaga.

Ditambahkan Yuliyanto berharap peran serta semua pihak untuk berkampanye kondusif serta menghidari penyebaran hoax utamanya di media sosial.

 

SEMANGAT LUAR BIASA DARI GENERASI LUAR BIASA (SISWA SLB PANCA BAKTI MAGETAN)
SOSIALISASI DPTHP