187 total views, 1 views today

Reporter : Yusma

Editor : Billyn

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Menghadapi pelantikan, sebanyak 45 Caleg Anggota DPRD Magetan yang berpotensi terpilih pada Pemilu 2019 mulai disibukkan dengan pemberkasan. Berbagai administrasi Caleg dari berbagai partai dilakukan dengan mengurus legalisir dokumen ke KPU Kabupaten Magetan.

“Dalam hal pemberkasan para caleg yang berpotensi terpilih ini KPU Magetan hanya sebatas memfasilitasi. Hal ini karena dokumen asli berada di KPU Magetan, sehingga para Caleg terpaksa harus menggandakan dan kita legalisir,” terang  Dina Triasmadji selaku Kasubag Hukum, Kamis (11/07/2019).

Berbagai dokumen diantaranya surat pencalonan, daftar bakal calon perdapil, surat seleksi pernyataan bakal calon anggota DPRD Kab/Kota. Surat pernyataan pakta integritas termasuk informasi bakal calon berisi identitas serta administrasi pendidikan serta sejumlah dokumen lainnya. Dokumen ini bagian dari pemberkasan yang harus disiapkan guna persyaratan pengajuan pelantikan.

Persyaratan ini diatur dalam petunjuk teknis dari sekreatriat DPRD Magetan Nomor: 170/329/403.050/2019 perihal permohonan kelengkapan persyaratan administrasi yang diterima partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD Magetan Periode 2019-2024. Surat ini dipertegas Gubernur Jawa Timur Tanggal 23 Mei 2019 Nomor : 171/11003/011.2/2019 perihal usulan peresmian pemberhentian dan pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Jawa Timur Tahun 2019.

Sejauh ini baru Partai Golkar dan PKS yang mengajukan permintaan salinan berkas caleg yang berpotensi terpilih. Sementara 8 partai lainnya masih dalam tahap komunikasi dan mempersiapkan berbagai dokumen untuk dikoordinasikan ke KPU Kabupaten Magetan.

“Persyaratan administrasi yang dibutuhkan telah kami siapkan, sehingga partai politik hanya perlu datang dan mengajukan permohonan untuk meminta fotocopy legalisir berkas yang dibutuhkan dalam melengkapi persyaratan administrasi dewan terpilih. Sejauh ini baru dua partai politik yang datang mengajukan permohonan kepada KPU Kab. Magetan.” pungkas Dina.

CALEG PENDATANG BARU MENANGI PERSAINGAN SUARA TERBANYAK
KPU MAGETAN LAPORKAN PEMUTAKHIRAN DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN